get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Tectonic Escape? Fenomena yang Menyebabkan Gempa Dahsyat di Turki

BMKG Analisis Adanya Peningkatan Curah Hujan, Warga Pesisir Utara DKI Jakarta Diminta Antisipasi

Rabu, 10 Januari 2024 | 04:13 WIB
header img
Informasi terkait banijir pesisir di DKI Jakarta. Foto: instagram @dinsosdkijakarta

DEPOK, iNewsDepok.id - Berdasarkan siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktifitas dinamika atmosfer seperti Monsun Asia Musim Dingin yang mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia. 

Kemudian aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah, kondisi tersebut juga diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan 5 hari ke depan.

Berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang prediksi pasang surut, masyarakat pesisir pantai utara Jakarta diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut tanggal 8 hingga 13 Januari 2024.

Melansir dari unggahan @dkijakarta, wilayah pesisir utara DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke diimbau untuk mengantisipasi terhadap peningkatan ketinggian pasang maksimum air laut yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir (Rob).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut