get app
inews
Aa Read Next : BNPT RI dan Kemenkumham Pererat Program Deradikalisasi dan Persempit Teroris

Polri Ungkap Fakta Aksi Kelompok Teroris JAD

Jum'at, 24 Desember 2021 | 10:08 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id  – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga terduga teroris di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dari hasil pemeriksaan, Polri mengungkapkan fakta bahwa kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) telah mempersiapkan serangan aksi teror di Indonesia.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan para pelaku teror sudah merencanakan pembelian senjata dengan persiapan Idad atau pelatihan-pelatihan fisik, militer, dan menembak.

"Serta di dalam penyelidikan dan penyidikan Densus telah menemukan perencanaan yang dilakukan kelompok ini dalam melakukan aksi teror di Tanah Air," ujar Ramadhan, Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Ketiga teroris yang ditangkap di Kalteng adalah AZE, RT, dan MS. Salah satu terduga teroris berinisial MS, bahkan telah menyatakan siap untuk menjadi eksekutor dalam aksi teror yang tengah dipersiapkan oleh yang bersangkutan.

"MS menyatakan siap untuk menjadi eksekutor dalam melakukan kegiatan teror. MS ini juga bersama-sama melakukan pelatihan atau idad bersama AZE," jelas Ramadhan.

MS yang ditangkap di hotel, kata Ramadhan, juga berperan sebagai pendorong dalam pembelian senjata di kelompok teror tersebut. Sementara, terduga AZE diketahui pernah melakukan pelatihan fisik, militer, dan menembak bersama dengan MS. Ia juga menjadi admin dalam grup WhatsApp.

"AZE membuat dan menjadi admin dalam grup internal mereka. Ada 2 grup WA yang mana 2 grup tersebut saling memberikan informasi dan juga memberikan tutorial dan juga informasi terhadap kegiatan jaringan JAD," tutur Ramadhan.

Kemudian, tersangka ketiga adalah RT. Ia juga berperan sebagai pihak yang bertugas mengatur admin grup media sosial.

"RT juga tergabung dalam kelompok JAD dan merupakan admin dalam grup salah satu medsos yang ada. Grup ini merupakan sarana untuk saling memberikan informasi," jelas Ramadhan.

 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut