get app
inews
Aa Read Next : Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Iran Selundupkan 18 Drone Canggih ke Rusia dengan Kapal dan Maskapai Penerbangan Dalam Negeri

Senin, 13 Februari 2023 | 05:57 WIB
header img
Drone Mohajer-6 (Mohajer-6) dirancang pengintaian sebelum dan setelah penembakan. Foto: mil.in.ua

JAKARTA, iNewsDepok.id - Iran diduga telah menggunakan kapal dan maskapai penerbangan milik negara untuk menyelundupkan jenis baru drone bersenjata jarak jauh canggih ke Rusia demi perangnya di Ukraina

Setidaknya 18 drone dikirim ke angkatan laut Vladimir Putin setelah perwira dan teknisi Rusia mengunjungi Teheran pada bulan November, di mana mereka diperlihatkan berbagai teknologi Iran. 

Pada kesempatan itu, delegasi Rusia yang beranggotakan 10 orang memilih enam drone Mohajer-6 dengan jangkauan sekitar 200 km dan membawa dua rudal di bawah setiap sayap, bersama dengan 12 drone Shahed 191 dan 129, yang juga memiliki kemampuan menyerang udara-ke-darat. 

Tidak seperti drone Shahed 131 dan 136 yang lebih terkenal, yang telah banyak digunakan oleh Rusia dalam serangan kamikaze terhadap target Ukraina, drone yang terbang lebih tinggi dirancang untuk mengirimkan bom dan kembali ke pangkalan secara utuh. 

Pengungkapan itu menunjukkan meningkatnya kedekatan antara Iran dan Rusia sejak Moskow melancarkan Operasi Militer Khususnya ke Ukraina setahun lalu. 

Rusia disebut telah beralih ke Iran dan Korea Utara untuk mengisi kembali persediaan dronenya. Banyak orang di Ukraina takut Rusia berencana melancarkan serangan besar peringatan satu tahun perang dalam kurang dari dua minggu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut