get app
inews
Aa Read Next : 24 Januari Hari Pendidikan Internasional, Ini Misinya

Potret Kota Kuno Aleppo dan Bangunan Sejarah Islam Runtuh Terdampak Gempa Turki

Jum'at, 10 Februari 2023 | 10:44 WIB
header img
Kota kuno Aleppo dan sejumlah bangunan sejarah Islam terdampak parah bahkan runtuh akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah pada Minggu lalu. Foto: Arab News

ANKARA, iNewsDepok.id - Kota kuno Aleppo dan sejumlah bangunan sejarah Islam terdampak parah bahkan runtuh akibat gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah pada Minggu lalu.

Saat ini Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) tengah memeriksa kondisi puluhan situs warisan dunia yang berharga di Turki dan Suriah. Banyak bangunan kuno dan bersejarah yang ada di dua negara tersebut terkena dampak parah.

Dalam sebuah pernyataan, UNESCO mengungkapkan tengah melakukan survei di daerah yang terkena dampak. Di sana UNESCO menemukan banyak tempat wisata dan monumen bersejarah, termasuk situs arkeologi terkenal Nemrut Dag rusak parah, bahkan ada yang runtuh total.

"Organisasi kami sedang melakukan penelitian dan akan berusaha memberikan bantuan yang diperlukan," ungkap Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay, demikian dilansir dari The Sun pada Jumat (10/2/2023).

Azoulay mengungkapkan sebuah istana di Gaziantep dan sebuah benteng di Aleppo, yang merupakan salah satu situs sejarah paling berharga di wilayah tersebut, serta kota kuno Aleppo di Suriah yang menyimpan berbagai harta perang, terkena dampak parah.

Demikian pula, situs warisan dunia yang baru saja direstorasi setelah perang berkepanjangan di Aleppo sejak 2012 terdampak gempa dahsyat tersebut. Menurut Azoulay, sisa-sisa sejarah itu tampaknya sulit dipulihkan setelah menara barat tembok kota lama, termasuk beberapa bangunan di sekitarnya hancur.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut