get app
inews
Aa Read Next : Tak Perlu Jauh-Jauh, Depok Tawarkan Ragam Destinasi Wisata Menawan untuk Liburan Lebaran

Viral Air Terjun di Pinggir Jalan Ini Ada di Indonesia, Miliki Aliran Bertingkat yang Indah

Rabu, 08 Februari 2023 | 10:57 WIB
header img
Viral air terjun di pinggir jalan, air terjun Sarasah Bunta. Foto: Instagram @rikarygat

DEPOK, iNewsDepok.id - Viral air terjun di pinggir jalan ini ternyata ada di Indonesia. Air terjun ini terkenal keindahannya karena memiliki aliran bertingkat.

Air terjun di pinggir jalan ini memiliki nama Bunta atau Sarasah Bunta, yang berlokasi di Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Air terjun ini berbeda dengan lainnya yang terletak jauh di tengah hutan dan untuk menjangkaunya harus melalui trek yang juga sulit. Namun, air terjun Bunta atau Sarasah Bunta bisa dilihat secara dekat dari pinggir jalan.

Viral Air Terjun di Pinggir Jalan


Viral air terjun di pinggir jalan, air terjun Sarasah Bunta. Foto: Foto: Instagram@ipitfy01

Seperti apa keindahan air terjun di pinggir jalan ini? Berikut penjelasan mengenai air terjun di pinggir jalan seperti dirangkum pada Rabu (8/2/2023):

Lembah Harau merupakan lembah subur di Sumatera Barat. Lembah ini dikeliling batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Diyakini nama Harau berasal dari kata ‘parau’ yang artinya suara serak. Dulunya, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering mendapat bencana banjir dan longsor yang menimbulkan kegaduhan dan kepanikan, penduduk berteriak histeris yang menimbulkan suara parau.

Saking indahnya, Lembah Harau ini dijuluki juga Lembah Yosemite, yang ada di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat. Lembah Harau memiliki iklim tropis dengan tanah yang subur.

Lembah Harau yang indah memiliki air terjun Bunta atau masyarakat lokal menyebutnya Sarasah Bunta. Motif bebatuan granit dan tumbuhan hijau yang mengelilingi air terjun membuat Sarasah Bunta terlihat cantik.

Bila terkena sinar matahari, airnya terlihat sangat memesona, layaknya bidadari yang sedang mandi, sehingga dinamakan Sarasah Bunta. Selain itu, penamaan Sarasah Bunta karena jika dilihat seksama air terjun ini berunta-unta atau bertingkat-tingkat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut