get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Cilik Indonesia Gemparkan Konferensi Lingkungan di Kanada

Simak! 3 Makanan Ini Dapat Membuat Gigimu Menjadi Rusak, No 3 Buah Jeruk

Selasa, 07 Februari 2023 | 02:20 WIB
header img
Kesehatan gigi harus sangat diperhatikan, dengan cara memilah atau menghindari makanan yang dapat merusak gigi kita. Foto : okezone

JAKARTA, iNewsDepok.id - Gigi yang rusak bukan hanya dikarenakan jarang menyikat gigi, namun banyak hal yang mempengaruhinya salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Pemilihan jenis makanan juga perlu diperhatikan. Ada jenis makanan yang bertekstur keras atau mengandung tinggi gula yang bisa berdampak buruk bagi gigi.

Berikut list makanan yang merusak gigi : 

1. Permen Asam

Permen asam umumnya memiliki tekstur yang kenyal, sehingga dapat menempel tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama. Sisa permen yang menempel tersebut dapat mengundang datangnya bakteri. 

Hampir semua jenis makanan yang memiliki kandungan asam sangat tinggi dapat mengikis lapisan enamel (lapisan terluar yang melindungi gigi), misalnya permen asam atau permen jelly asam. 

 

2. Es Batu 

Banyak orang yang gemar mengonsumsi es batu dengan cara mengunyahnya menggunakan gigi. Ternyata kebiasaan mengunyah es batu ini dapat merusak gigi karena tekstur dari es batu yang keras. 

Sering mengunyah es batu bisa merusak lapisan enamel dan juga mengakibatkan resiko gigi retak atau patah. Jadi, sebaiknya es batu digunakan untuk mendinginkan minuman saja.

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin c. Selain memiliki banyak manfaat dari mengonsumsi buah jeruk, ternyata kandungan asam yang ada pada buah ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi anda. 

Kandungan asam di dalam jeruk dapat mengikis lapisan enamel, sehingga membuat gigi menjadi lebih rentan rusak. Sebaiknya setelah mengonsumsi jeruk, minumlah air putih secukupnya. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut