get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Depok Ingin Depok jadi Kota Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan

Alun-alun Depok Kembali Dibuka dengan Pembatasan 500 Pengunjung Setiap Sesi

Selasa, 21 Desember 2021 | 12:55 WIB
header img
Alun-alun Depok sudah kembali dibuka Selasa, (21/12/2021) dengan pembatasan pengunjung 75%. Foto: Ist

DEPOK, iNews.id - Seiring dengan berkurangnya jumlah kasus COVID-19 di Kota Depok, Pemerintah Kota Depok kembali membuka Alun-alun Depok untuk umum hari ini, Selasa (21/12/2021).

Wali Kota Depok Mohammad Idris Alun-alun Kota Depok kembali dibuka karena kondisi PPKM Depok level 1.  Namun, menurutnya pembukaan alun-alun hari ini masih dalam tahap uji coba. Pemkot Depok masih akan melakukan evaluasi untuk melihat keefektifannya.

"Ini masih tahap uji coba. Karena tanggal 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022, tidak ada fasilitas publik yang boleh buka, yaitu taman dan alun-alun," ujar Wali Kota Depok, Selasa (21/12/2021).


Masyarakat Depok antusias mengunjungi Alun-alun Kota Depok yang kembali dibuka, Selasa (21/12/2021). Foto: Ist

Setelah tanggal 1 Januari 2022, Wali Kota Depok mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dan berkonsultasi dengan pemerintah pusat terkait taman yang ada di Kota Depok. Evaluasi ini berkaitan dengan keefektifan fasilitas yang ada di alun-alun.

"Kalau sudah dievaluasi, kami akan tetap melakukan konsultasi lagi ke pusat masalah taman-taman. Termasuk taman kelurahan," ungkapnya.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali yang menyebutkan bahwa fasilitas umum diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75 persen dan menerapkan protokol kesehatan.

"Pertama ini memang penyambutan dari kita sudah level 1. Sesuai dengan ketentuan PPKM diperbolehkan untuk dibuka tetapi tetap dilakukan protokol kesehatan," kata Mohammad Idris. 

Mengikuti instruksi tersebut, waktu kunjungan hari Selasa-Minggu dibagi dalam dua sesi pukul 07.00-11.00 WIB dan 13.00-17.00 WIB, khusus hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB,  dengan kapasitas maksimal 500 orang setiap sesi.

"Kapasitas level 1 itu 75 persen dari kapasitas, maka kita prediksi saja ini nanti setiap sesi di dalam ini kita batasi 500 orang," tegas Wali Kota.


Fasilitas yang berada di Alun-alun Kota Depok. Foto: Ist

Pengunjung juga harus menerapkan protokol kesehatan, yakni masker standar medis, sudah vaksin minimal 1 kali, dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati berpesan kepada seluruh masyarakat yang datang ke alun-alun untuk memanfaatkan momen ini dan dapat menjaga kebersihan alun-alun.

"Manfaatkan momen ini bersama keluarga. Semoga masyarakat ceria menyambut pembukaan alun-alun dan bisa menerapkan protokol kesehatan yang ketat," paparnya. 

Alun-alun Kota Depok terletak di Jl. Boulevard GDC, Kelurahan Kalimulta, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Letaknya dekat dengan perbatasan Depok dengan Cibinong dan Depok dengan Bojonggede.

Areal ini menempati lahan seluas 3,9 dan diresmikan pada 12 Januari 2020. Alun-alun Depok merupakan ruang terbuka hijau terpadu tingkat Kota Depok. Fasilitas yang tersedia mulai dari greenhouse, lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, area skateboard, dan outdoor gym.

Sementara fasilitas pendukung seperti menara pandang, bike shelter, co-working space, bus shelter, jembatan utama, kolam retensi dan dermaga, greenhouse and signage, taman lansia, taman anak-anak, gedung pendopo, galeri, dinding mural, taman sculpture, dan amphitheatre.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut