get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Lama Tak Ada Dialog dengan Zelensky, Menlu Rusia: Tidak Ada Gunanya

Kamis, 26 Januari 2023 | 02:00 WIB
header img
Dalam pembicaraan di Istanbul pada Maret 2022 lalu, pasukan Rusia berjanji akan mengurangi aktivitas mereka di dekat Kiev dan Chernihiv. Namun pejabat Rusia menjelaskan bahwa ini tidak berarti gencatan senjata. Foto: NPR

JAKARTA, iNewsDepok.id - Juru Bicara Presiden Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Vladimir Putin belum berbicara dengan mitra dari Ukraina selama beberapa tahun. 

Mengutip dari Russia Today, Putin disebut terakhir bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky secara langsung selama pembicaraan Format Normandia yang dimediasi oleh Prancis dan Jerman pada 2019. 

Tahun berikutnya, mereka berbicara melalui telepon dua kali, yaitu pada bulan Februari dan Juni. 

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sebelumnya mengungkapkan bahwa Moskow dan Kiev berada di ambang penandatanganan gencatan senjata selama tahap awal konflik dengan persyaratan yang disarankan oleh pihak Ukraina. 

Namun, proses itu dihentikan oleh pihak Barat. Lavrov menuding pembatalan ini didasari oleh keinginan pihak Barat untuk memperpanjang konflik yang merugikan Rusia. 

Lavrov juga berpandangan bahwa berbicara dengan Zelensky adalah hal yang tidak masuk akal karena pemerintah Zelensky tidak mengendalikan kebijakan luar negerinya sendiri. 

Perintah dewan keamanan nasional Ukrajna melarang pembicaraan dengan Moskow selama Putin masih berkuasa. Zelensky menandatangani aturan tersebut menjadi undang-undang pada Oktober 2022 lalu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut