Laksamana Cheng Ho Diyakini Penemu Pertama Benua Amerika Sebelum Colombus, Benarkah? Simak Kisahnya

Intan/Kartika
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 09:04 WIB
Patung Laksamana Cheng Ho. Foto: Dok. Pemkot Semarang

DEPOK, iNewsDepok.id - Laksamana Cheng Ho disebut-sebut sebagai orang pertama yang menemukan Benua Amerika dan Australia, sebelum Christopher Colombus. Benarkah demikian?

Laksamana Cheng Ho yang dikenal juga sebagai Laksamana Zheng He adalah salah satu tokoh muslim ahli geografi. Cheng Ho memiliki peran penting dalam sejarah penjelajahan dunia.

Laksamana Cheng Ho adalah seorang kasim, pelaud, penjelajah, diplomat dan laksamana Armada Hui selama awal Dinasti Ming di China, demikian dilansir dalam laman About Islam, pada Rabu (25/1/2023).

Cheng Ho lahir di kota kecil di wilayah Yunnan pada akhir abad ke-14. Nama lahirnya adalah “Ma He”, yang di China nama “Ma” digunakan sebagai nama pendek untuk “Muhammad”.

Ia berasal dari keluarga Hui, yang merupakan kelompok etnis Tionghoa Muslim. Keluarganya mengaku sebagai keturunan Gubernur Mongolia di Yunnan atau dari Raja Mohammed dari Bukhara.

Dibesarkan dari keluarga muslim, Ma He mempelajari agama Islam dan menghapal Alquran sejak usia dini. Bahkan, sejak kecil ia sudah fasih berbahasa China dan Arab.

Ma He selalu ingin tahu segalanya tentang negara-negara yang secara geografis terletak di sebelah barat China. Ia mempelajari bahasa, agama, tradisi, sejarah, serta geografi mereka bersama sang ayah dan kakek.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini