get app
inews
Aa
Read Next : Pertacami Resmi Menjadi Anggota KOI: Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

Waspada! Duduk Terlalu Lama Bahaya bagi Kesehatan, Lakukan Hal Ini untuk Mengimbanginya

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:45 WIB
header img
Waspada! Duduk Terlalu Lama Bahaya bagi Kesehatan, Lakukan Hal Ini untuk Mengimbanginya. Foto ilustrasi: Foto: Freepik/tirachardz

Para responden yang duduk di kursi ergonomis selama 8 jam, mereka bangun hanya untuk periode latihan berjalan di treadmill atau saat pergi ke kamar mandi. Peneliti mengatakan, mereka memastikan setiap peserta tidak berolahraga berlebihan atau kurang berolahraga.

Mereka pun secara berkala mengukur tekanan darah dan gula darah yang merupakan subyek penelitian. Peserta diizinkan untuk bekerja dengan laptop, membaca, dan menggunakan ponsel mereka selama sesi dan diberi makanan standar.

Dari pengujian tersebut, peneliti melaporkan sebagai berikut;

Berjalan kaki selama 5 menit setiap 30 menit memberikan hasil terbaik. Itu merupakan satu-satunya jumlah yang secara signifikan menurunkan gula darah dan tekanan darah.

Pengujian tersebut mempengaruhi bagaimana peserta merespons makanan besar dan mengurangi lonjakan gula darah hingga 58 persen dibandingkan dengan duduk sepanjang hari.

Kemudian, berjalan kaki setiap 30 menit selama 1 menit juga memberikan manfaat sederhana untuk kadar gula darah sepanjang hari.

Selanjutnya, berjalan selama 1 menit atau 5 menit setelah 60 menit duduk, tidak memberikan manfaat.

Semua jumlah berjalan secara signifikan mengurangi tekanan darah sebesar 4 sampai 5 mmHg, dibandingkan dengan duduk sepanjang hari. 

"Ini adalah penurunan yang cukup besar, sebanding dengan pengurangan yang kamu harapkan dari berolahraga setiap hari selama enam bulan," ucap Diaz.

Semua pengujian berjalan kecuali berjalan 1 menit setelah duduk selama 1 jam, secara signifikan mengurangi kelelahan peserta, dan menunjukan peningkatan suasana hati.

Para ahli juga mengatakan, sejumlah perubahan kecil aktivitas seperti berjalan selama beberapa menit saat hari kerja, bisa berdampak positif bagi kesehatan.

"Studi ini menunjukkan bahwa perbaikan kecil dalam aktivitas fisik dapat berdampak pada gula darah dan tekanan darah," kata Dr. Yu-Ming Ni, ahli jantung di MemorialCare Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di California.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut