Waspada! Duduk Terlalu Lama Bahaya bagi Kesehatan, Lakukan Hal Ini untuk Mengimbanginya

Kartika
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:45 WIB
Waspada! Duduk Terlalu Lama Bahaya bagi Kesehatan, Lakukan Hal Ini untuk Mengimbanginya. Foto ilustrasi: Foto: Freepik/tirachardz

DEPOK, iNewsDepok.id - Berdasarkan penelitian duduk terlalu lama seperti yang banyak dilakukan orang kantoran berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, bagi mereka yang berolahraga secara teratur sekalipun. Oleh karena itu, dokter menyarankan orang dewasa untuk lebih banyak bergerak dan lebih sedikit duduk.

Mengenai hal tersebut, para peneliti pun berpikir bagaimana mengurangi duduk saat hal itu harus dilakukan, seperti saat bekerja di kantor. 

Berdasarkan studi baru dari Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat, hanya 5 menit berjalan setiap setengah jam atau 30 menit bisa mengimbangi beberapa efek berbahaya dari duduk dalam waktu lama.

Dalam penelitian yang dipimpin Profesor Keith Diaz dari Agelos College of Physicians and Surgeons di Columbia, menguji lima latihan yang berbeda. Kelima latihan tersebut yaitu:

- 1 menit berjalan setelah setiap 30 menit duduk.

- 1 menit berjalan setelah 60 menit duduk.

- 5 menit berjalan setiap 30 menit duduk.

- 5 menit berjalan setiap 60 menit duduk

- Tidak berjalan.

Tim peneliti melakukan 5 pengujian tersebut untuk membandingkan beberapa opsi dan memilih yang terbaik mengenai berapa lama waktu berjalan setiap setelah duduk.

"Jika kami tidak membandingkan beberapa opsi dan memvariasikan frekuensi dan durasi latihan, kami hanya akan dapat memberikan tebakan terbaik kami tentang rutinitas optimal kepada orang-orang," jelas Diaz, seperti dikutip dari laman healthline, pada Selasa (24/1/2023).

Peneliti dalam studi baru tersebut mengatakan belum banyak penelitian yang memberikan jawaban memuaskan pada pekerja kantor. Namun, pada studi baru kecil yang melibatkan 11 orang dewasa, memberikan sedikit angin segar.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini