Logo Network
Network

6 Manfaat Konsumsi Bawang Hitam, Bisa Dimakan Mentah dan Jadi Bumbu Masakan

Kartika
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:35 WIB
6 Manfaat Konsumsi Bawang Hitam, Bisa Dimakan Mentah dan Jadi Bumbu Masakan
Bawang hitam. Foto: huffingtonpost.com
  1. Meningkatkan kekebalan

Dengan mengurangi peradangan, antioksidan dalam bawang hitam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel.

Jika sistem kekebalan tubuh baik dan sehat berarti tubuh mampu melawan infeksi dan bakteri dengan lebih efektif.

  1. Melindungi jantung

Bawang putih mentah dikenal karena kemampuannya membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bawang hitam dapat memberikan efek perlindungan yang sama.

Bawang hitam juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Mengontrol gula darah

Sama halnya dengan bawang putih mentah segar, bawang hitam dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan mengurangi gula darah tinggi, membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti gejala diabetes, disfungsi ginjal, dan lainnya.

Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam bawang hitam juga dapat membantu mencegah komplikasi terkait diabetes.

  1. Kesehatan otak

Dengan antioksidannya, bawang hitam dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan mencegah penyakit seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson. Bawang hitam juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan bagian lain dari fungsi kognitif.

  1. Melawan beberapa kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan bawang hitam dapat membantu melawan kanker. Satu studi menemukan bahwa kandungan di dalam bawang hitam dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar.

Senyawa dalam bawang hitam juga dapat memblokir radikal bebas dalam tubuh. Senyawa tersebut mengurangi kerusakan sel dan dapat membantu membatasi pertumbuhan dan potensi penyebaran sel kanker dalam tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Hati

Bawang hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang hitam dapat membantu menurunkan penanda kerusakan hati, mengurangi timbunan lemak di hati, dan menyeimbangkan kembali ukuran sel hati.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini