Bawang Hitam Ampuh Obati Jerawat, Ini Penjelasan Dokter

Aprodithe Kyrie EWC
.
Rabu, 21 September 2022 | 19:52 WIB
Bawang hitam tunggal yang merupakan hasil fermentasi bawang putih tunggal itu diketahui mengandung senyawa aktif antibakteri yang lebih tinggi. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Gaya hidup tidak sehat dan iklim yang berubah-ubah membuat banyak orang Indonesia mengalami masalah jerawat.

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat - PERDOSKI Cabang Pontianak, melihat ada potensi sangat baik dari bawang hitam tunggal untuk menuntaskan masalah jerawat, khususnya yang disebabkan bakteri.

Jerawat salah satunya dipicu keberadaan bakteri seperti Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Staphylococcus epidermidis. Nah bawang hitam tunggal dipercaya memiliki potensi yang sangat baik sebagai anti-jerawat yang disebabkan bakteri, khususnya

"Bawang adalah sesuatu yang sangat mudah didapatkan dan ternyata bumbu masak yang satu ini, khususnya bawang hitam tunggal, punya potensi sebagai anti-jerawat yang disebabkan oleh bakteri," jelas Ketua Peneliti, dr Ambar Rialita, SpKK, FINSDV, FAADV, saat ditemui di acara Hair & Skin Research Grant 2022, Selasa (20/9/2022).

Dijelaskan dr. Ambar, bawang hitam tunggal yang merupakan hasil fermentasi bawang putih tunggal itu diketahui mengandung senyawa aktif antibakteri yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa.

"Senyawa aktif yang dimaksud adalah allicin dan S-allyl Cysteine (SAC) yang diketahui memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri berdinding sel tebal (bakteri Gram positif) maupun bakteri dengan dinding sel yang lebih tipis (Gram negatif)," terangnya

Bawang hitam tunggal sendiri dibuat dengan memfermentasi bawang putih tunggal yang dipanaskan dalam suhu 60-90 derajat celcius dengan kelembaban yang terkontrol di 80-90%. Fermentasi dilakukan selama 21 hari.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini