6 Manfaat Konsumsi Bawang Hitam, Bisa Dimakan Mentah dan Jadi Bumbu Masakan

Kartika
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 20:35 WIB
Bawang hitam. Foto: huffingtonpost.com

DEPOK, iNewsDepok.id - Belakangan bawang hitam atau black garlic mulai dikenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Bawang hitam atau black garlic termasuk bahan makanan hasil fermentasi bawang putih segar yang masih mentah.

Bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat celcius selama sekitar 30 hingga 90 hari.

Dalam prosesnya tersebut, akan menghasilkan tekstur dan rasa bawang putih yang berbeda. Teksturnya lebih lembut, lebih kenyal, dan lebih manis dari bawang putih mentah biasa. Rasanya dianggap sama dengan asam jawa atau permen karamel yang agak asam.

Karena itu banyak yang mengonsumsi bawang hitam ini secara mentah atau dijadikan bumbu masakan seperti untuk pasta, pizza, atau es krim.

Proses fermentasi ini turut mengubah kandungan nutrisi bawang putih sehingga bawang hitam ini memiliki manfaat yang berbeda dan lebih beragam.

Data Food Data Central dari US Department of Agriculture, kandungan nutrisi dalam bawang hitam antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, natrium, Vitamin C.

Kalori pada bawang hitam lebih tinggi daripada bawang putih, karena kandungan gula pada bawang hitam juga lebih tinggi yaitu sebesar 8 gr dalam 35 gr bawang hitam. Bawang hitam memiliki kandungan vitamin yang lebih rendah dibandingkan bawang putih.

Di sisi lain, terjadi peningkatan mineral pada andungan bawang hitam seerti seng, kalium, magnesium, zat besi, mangan, fosfor, selenium, tembaga, natrium, kalsium dan sulfur.

Kandungan antioksidan pada bawang hitam lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan bawah putih. Antioksidan pada bawang hitam seperti polifenol, flavonoid, alkoloid dan S-Allycystein (SAC).

Meskipun tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, bawang hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut 6 manfaat bawang hitam bagi kesehatan, seperti dirangkum pada Selasa (24/1/2023):

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini