get app
inews
Aa Read Next : Pendopo Hadirkan Fashion Show Buleleng Kita

Uniknya Gedung Rektorat Universitas Indonesia

Minggu, 19 Desember 2021 | 19:45 WIB
header img
Mahasiswa UI berfoto di depan Gedung Rektorat UI. Foto: Okezone

DEPOK, iNews.id  –  Universitas Indonesia menjadi kampus primadona bagi para pejuang SNMPTN, SBMPTN atau jalur mandiri. Tak hanya kualitas pendidikannya yang sangat bagus, fasilitas pendidikannya juga lengkap.

UI juga memiliki bangunan gedung yang terbilang unik, lain daripada yang lainnya, diantaranya gedung rektorat UI. Gedung yang dibangun pada tahun 1984 dan baru selesai setidaknya tahun 1987 ini merupakan hasil rancangan megah dari Prof, Gunawan  dan menjadi salah satu view paling menarik di UI.

Gedung ini memiliki 4 bangunan pendamping berbentuk seperti pendopo yang pada awalnya direncanakan akan digunakan sebagai ruang pameran atau sebuah galeri.

Tinggi setiap lantai dari gedung ini sekitar 4,2 meter, sehingga ketika dijumlahkan maka seluruh panjang lantai gedung tersebut adalah 40 meter.

Di bagian atas dari gedung ini ditopang dengan atap berbentuk runcing, mengadopsi bentuk bangunan kerajaan-kerajaan yang terkenal di Pulau Jawa.

Penggunaan dinding yang hanya berupa jendela kaca ini tentu akan memberi efek yang sangat menguntungkan yaitu sistem pencahayaan alami bisa lebih maksimal sehingga dapat menghemat penggunaan energi listrik untuk memberi penerangan pada ruangan. Selain itu sirkulasi udara juga berjalan dengan baik.

Setidaknya ada 4 pembagian zona pada gedung ini, diantaranya adalah semi basement yang digunakan sebagai hall maupun juga koridor yang digunakan untuk melayani mahasiswanya. Di lantai dasar atau lantai 1 digunakan sebagai ruangan kerja rektor.

Lantai 2 pada gedung tersebut digunakan sebagai ruang administrasi mahasiswa, sehingga nantinya segala bentuk administrasi yang dilakukan oleh mahasiswa bisa dilakukan disana. Pada lantai paling atas digunakan sebagai mushola dan mesin lift.

 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut