get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Lebih Banyak Produk Unik dan Inovatif, MAP Bawa Flying Tiger Copenhagen ke Grand Indonesia

Wow! Inilah Keju Termahal di Dunia, Keju Biru Khas Spanyol Utara

Selasa, 05 September 2023 | 17:56 WIB
header img
Wow! Inilah keju termahal di dunia, keju biru dari Spanyol. Foto ilustrasi: Freepik/Grafvision

DEPOK, iNewsDepok.id - Rekor keju termahal di dunia telah dipecahkan. Satu blok keju biru khas Spanyol Utara yang terjual dalam sebuah lelang baru-baru ini memecahkan rekor dunia.

Cabrales blue cheese seberat 2,2 kg dilelang dalam festival keju lokal yang diadakan di Kerajaan Asturias. Keju tersebut terjual dengan harga €30.000 atau setara dengan Rp493 juta.  

Menariknya, rekor sebelumnya (yang dibuat pada tahun 2019) juga disebabkan oleh satu blok keju dengan jenis yang sama.

Guillermo Pendas memproduksi blok keju yang memecahkan rekor di pabrik keluarganya di Los Puertos. Ibunya, Rosa Vada, pemilik pabrik tersebut.

“Kami tahu kami memiliki keju yang enak namun juga sangat sulit untuk menang,” kata Pendas kepada kantor berita Spanyol EFE, menurut The Times (London), seperti dilansir dari FoodNDTV pada Selasa (5/9/2023).

Ia menyatakan bahwa keju tersebut telah dimatangkan di sebuah gua di ketinggian 1.400 meter, dengan suhu 7⁰C, dan menghabiskan waktu "minimal delapan bulan", seperti dilansir The Independent.

Blok tersebut dijual kepada Ivan Suarez, pemilik restoran dekat Oviedo. Suarez juga membeli satu blok keju yang sebelumnya memegang rekor dunia.

Yang ini dikreditkan ke Dewan Regulasi DOP Cabrales (Spanyol) pada 25 Agustus 2019, menurut situs resmi The Guinness World Records (GWR). Keju Cabrales seberat 2 kg itu dijual dengan harga €20.500 atau setara dengan Rp337 juta.

Situs GWR mendeskripsikan keju Cabrales sebagai "keju biru semi-keras dan rasanya sangat kuat", yang diproduksi oleh petani pengrajin di Asturias, Spanyol. Biasanya dibuat dari susu sapi mentah, yang dapat dicampur dengan susu kambing atau domba. Kemudian disimpan selama beberapa bulan di gua batu kapur yang mengelilingi Taman Nasional Picos de Europa.

Kondisi lokal (termasuk suhu dan kelembaban) serta aktivitas mikroorganisme menghasilkan profil rasa yang tajam dan pedas pada keju.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut