get app
inews
Aa Read Next : Rumah Tajwid Asal Depok Gelar Pengajian di Jerman Diikuti 150 WNI

Tak Pedulikan Jerman, Polandia Akan Kirim Tank Leopard 2 Tanpa Izin

Jum'at, 20 Januari 2023 | 06:36 WIB
header img
Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengumumkan bahwa pemerintah akan terus menekan Jerman untuk menyetujui pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsDepok.id - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan pada Kamis (18/1/2023) bahwa negaranya bersedia mengirim 14 unit tank Leopard 2 ke Ukraina tanpa persetujuan Jerman.

Dalam sebuah wawancara dengan awak media, Morawiecki mengumumkan bahwa pemerintah Polandia akan terus menekan Kantor Kanselir dan Jerman agar segera menanggapi proposal pengiriman tank Leopard 2.

Namun jika Berlin tetap tidak menyetujui ekspor ulang mereka pada pertemuan para menteri pertahanan barat di pangkalan udara Ramstein pada Jumat, pemerintah Polandia akan langsung mengirim tank tersebut ke Ukraina.

"Persetujuan adalah kepentingan sekunder di sini. Kami akan mendapatkan persetujuan ini dengan cepat, atau kami akan melakukannya sendiri," tegasnya, dikutip dari PolskieRadio24.

Morawiecki lalu mengecam Menteri Pertahanan Jerman yang baru, Boris Pistorius, dan Gerhard Schröder karena tak kunjung menyetujui proposal pengiriman tank Leopard 2. Baginya penundaan tersebut keterlaluan.

Lebih lanjut ia mengatakan Pistorius membuatnya cemas dan Schröder terus berbicara dengan Putin sepanjang waktu.

Polandia dan Finlandia ingin memberikan 14 tank Leopard 2 ke Ukraina. Hal ini biasanya memerlukan persetujuan Jerman.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut