get app
inews
Aa Read Next : Sleman Kembali Meraih Gelar Sebagai Kabupaten dengan SDM Paling Maju di Indonesia Tahun 2023

Antisipasi Kejahatan Siber, Indonesia dan Polandia Finalisasi Perjanjian MLA

Kamis, 20 Juni 2024 | 11:47 WIB
header img
Pemerintah Indonesia dan Polandia berhasil memfinalisasi perjanjian bilateral dalam bentuk bantuan timbal balik dalam masalah pidana (Mutual Legal Assistance in Criminal Matters disingkat MLA). Foto: Ist

WARSAWA, iNewsDepok.id - Pemerintah Indonesia dan Polandia berhasil memfinalisasi perjanjian bilateral dalam bentuk bantuan timbal balik dalam masalah pidana atau Mutual Legal Assistance in Criminal Matters (MLA) sebagai komitmen bersama membangun penegakan hukum lintas negara di antara kedua negara.

Perjanjian bilateral ini dilakukan juga untuk mengantisipasi kejahatan siber yang banyak berasal dari Eropa Tengah.

Finalisasi perjanjian MLA Indonesia-Polandia ini dilakukan di Kementerian Kehakiman Polandia, pada hari Rabu, 12 Juni 2024 lalu. Delegasi Pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo R Muzhar dan Pemerintah Polandia yang dipimpin oleh Wakil Menteri Kehakiman, Krzysztof Smiszek. 

"MLA merupakan mekanisme kerjasama internasional yang memungkinkan suatu negara meminta bantuan kepada negara lain untuk memperoleh barang bukti dalam rangka mendukung proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Dirjen AHU Kemenkumham, Cahyo R Muzhar, Kamis (20/6/2024).

Cahyo yang ditunjuk sebagai pimpinan Delegasi Indonesia ini mengatakan kedua negara memiliki peran yang kuat di masing-masing kawasan dengan Polandia di Eropa Tengah sementara Indonesia juga memiliki peran penting di ASEAN.

Terlebih pada tahun 2025 Polandia akan memegang peran yang sangat strategis sebagai Presidensi Uni Eropa.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut