get app
inews
Aa Read Next : Penikmat Kopi Bakal Menangis, 60 Jenis Pohon Kopi akan Musnah Akibat Krisis Iklim

Begini Cara Membuat Cokelat Lebih Nikmat dan Sehat, Hasil Temuan Peneliti Inggris

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:13 WIB
header img
Begini Cara Membuat Cokelat Lebih Nikmat dan Sehat, Hasil Temuan Peneliti Inggris. Foto: theweek

LONDON, iNewsDepok.id - Ada teknik terbaru untuk membuat cokelat mewah generasi baru. Cokelat ini memiliki rasa lebih enak dengan tekstur khas. Selain enak, cokela juga menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Teknik terbaru membuat cokelat lebih nikmat dan sehat ini diungkap oleh tim peneliti interdisipliner dari Universitas Leeds, Inggris. Studi ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah ACS Applied Materials and Interface.

Pengujian dalam penelitian ini fokus pada rasa dan tekstur cokelat. Pengujian dilakukan menggunakan cokelat hitam merek mewah pada permukaan seperti lidah 3D buatan yang dirancang di University of Leeds.

Dalam penemuannya ini, para peneliti menggunakan teknik analitik dari bidang teknik tribologi. Tribologi adalah teknik mengenai bagaimana permukaan dan cairan berinteraksi, tingkat gesekan di antara keduanya, dan peran pelumasan.

Para peneliti meneliti ketika cokelat meleleh dalam mulut bersatu dengan air liur, ketika dimakan.

Saat bersentuhan dengan lidah, cokelat melepaskan lemak sampai melapisi lidah dan permukaan dalam mulut. Lapisan lemak inilah yang membuat cokelat terasa halus selama berada di dalam mulut.

Dr Siavash Soltanahmadi, dari School of Food Science and Nutrition dari Universitas Leeds mengungkapkan dengan pemahaman tentang mekanisme fisik yang terjadi saat orang makan cokelat, kami percaya bahwa generasi cokelat berikutnya dapat dikembangkan.

“Cokelat yang menawarkan rasa dan sensasi tinggi lemak namun lebih sehat,” ucap Soltanahmadi, seperti dikutip dari laman theweek, pada Rabu (18/1/2023).

Sebagai informasi, lemak memainkan fungsi kunci segera setelah sepotong cokelat bersentuhan dengan lidah. Saat berada di dalam mulut, sensasi cokelat muncul dari cara cokelat dilumasi, baik dari bahan di dalam cokelat itu sendiri atau dari air liur, maupun kombinasi keduanya.

Setelah itu, partikel kakao padat dilepaskan dan menjadi penting dalam hal sensasi sentuhan. Pada saat ini, bagian lemak yang lebih dalam pada cokelat memainkan peran yang agak terbatas dan dapat dikurangi tanpa berdampak pada rasa atau sensasi cokelat.

Anwesha Sarkar, Profesor School of Food Science and Nutrition dari Universitas Leeds mengungkapkan lokasi lemak dalam susunan cokelat berperan sangat penting di setiap tahap pelumasan ketika dimakan, dan itu jarang diteliti.

“Kami menemukan bahwa lapisan lemak harus berada di lapisan luar cokelat, kemudian diikuti pelapisan partikel kakao yang efektif oleh lemak, ini membantu membuat cokelat terasa enak,” ucap Sarkar lebih lanjut.  

Soltanahmadi mengungkapkan penelitian yang dilakukan membuka kemungkinan bahwa produsen dapat merancang cokelat hitam secara cerdas untuk mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan.

“Kami percaya cokelat hitam dapat diproduksi dalam arsitektur berlapis gradien dengan lemak yang menutupi permukaan, tanpa menambahkan terlalu banyak lemak,” tambah Soltanahmadi.

Lebih lanjut para peneliti meyakini teknik fisik yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada penyelidikan bahan makanan lain yang mengalami perubahan fase, di mana suatu zat diubah dari padat menjadi cair, seperti es krim, margarin, atau keju.
 

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut