get app
inews
Aa Read Next : 5 Kesalahan dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Hasilnya Tak Kunjung Turun

Mengenal Daun Sage yang Disebut Ampuh Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Jum'at, 27 Januari 2023 | 19:15 WIB
header img
Daun sage. Foto: Pixabay/congerdesign

DEPOK, iNewsDepok.id - Daun sage yang biasa diolah menjadi teh sage bisa dicoba untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Teh sage ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi dan kadar gula darah dalam waktu singkat, 2 jam.  

Dalam sebuah studi dilakukan penelitian pemberian ekstrak teh sage selama tiga bulan pada 40 pasien diabetes dan kolesterol tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Renal Injury Prevention mendapatkan hasil, bahwa pasien yang memiliki gula darah puasa yang lebih rendah dan kadar glukosa rata-rata yang lebih rendah.

Sementara mengenai kolesterol, ditemukan bahwa kadar kolesterol total, trigliserida dan kolesterol jahat yang berbahaya juga mengalami penurunan.

“Daun sage mungkin aman dan memiliki efek anti-hiperglikemik dan peningkatan lipid pada pasien hiperlipidemia dan diabetes tipe 2,” kata penulis, dilansir dari Express, Jumat (27/1/2023).

Uji klinis lain menunjukkan hasil yang serupa saat mencoba menilai efek ekstrak sage pada 80 orang dengan diabetes yang tidak terkontrol. Para peneliti mendapati efek positif pada kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah 2 jam berpuasa,

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa dosis yang lebih tinggi dari ekstrak sage diperlukan untuk menurunkan gula darah puasa.

Lantas mengapa teh sage bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah?

Berdasarkan penelitian, senyawa dalam teh sage sebagai anti-inflamasi di seluruh tubuh. Salah satu bahan yang sangat ampuh dalam sage adalah asam rosmarinic, yang telah terbukti memberikan banyak manfaat dalam penelitian pada hewan.

Diyakini senyawa ini dapat memerangi peradangan dan gula darah. Ekstrak sage juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin, dengan efek yang sebanding dengan rosiglitazone.

Sementara kamper yang memberi aroma unik pada sage, telah terbukti merangsang ujung saraf saat dioleskan sebagai minyak.

Manfaat tersebut bisa didapat bila mengonsumsi daun sage mentah. Sementara studi lain menunjukkan minum 1 cangkir sage dua kali sehari dapat meningkatkan pertahanan antioksidan secara signifikan.

Meski memberikan manfaat kesehatan, tetapi perlu diperhatikan jangan mengonsumsi daun sage atau teh sage dalam jumlah yang sangat banyak. Minum teh sage dalam jumlah banyak dapat memicu masalah jantung, kerusakan ginjal dan muntah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut