get app
inews
Aa Read Next : Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Rusia dan Belarusia Mulai Latihan Pertahanan Udara Bersama, Tingkatkan Kekhawatiran di Perbatasan

Selasa, 17 Januari 2023 | 07:47 WIB
header img
Prajurit dari salah satu batalion mekanik dari Brigade Mekanik Pengawal Terpisah ke-120 mengikuti tugas pelatihan tempur. Foto: modmilby

JAKARTA, iNewsdepok.id - Rusia dan Belarusia telah memulai latihan angkatan udara bersama pada Senin (16/1/2023) pagi.  Menurut pernyataan yang dipublikasikan di akun Telegram Kementerian Pertahanan Belarusia, unit-unit dari pasukan kedirgantaraan Rusia tiba di lapangan terbang Belarusia pada Minggu malam. 

"Sebuah subdivisi dari Brigade Mekanik Pengawal Terpisah ke-120, sebagai bagian dari koordinasi kelompok pasukan regional Belarusia dan Rusia, mulai melakukan sejumlah tugas pelatihan tempur," bunyi pernyataan tersebut.  

Tak lama setelah pukul 08.00 waktu setempat, kementerian mengatakan tugas pelatihan tempur yang direncanakan telah dimulai. Semua lapangan terbang dan jangkauan Angkatan Udara dan Angkatan Pertahanan Udara Angkatan Bersenjata Republik Belarus dilibatkan. 

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kompatibilitas operasional dalam pelaksanaan bersama tugas pelatihan tempur. 

Selama latihan, gabungan kedua pasukan berniat menyelesaikan berbagai masalah, termasuk pengintaian udara, patroli wilayah udara di sepanjang perbatasan, dukungan udara untuk pengelompokan pasukan, pendaratan serangan udara taktis, dan pengiriman barang dan evakuasi korban luka

Batalion mekanik dari Brigade Mekanik Pengawal Terpisah ke-120 juga dikerahkan dalam latihan militer tersebut.

Pavel Muraveyko, wakil sekretaris negara pertama dewan keamanan Belarusia, mengklaim situasi di perbatasan selatan Belarusia dengan Ukraina tidak terlalu tenang. Ia lalu menuding Ukraina telah memprovokasi Belarusia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut