get app
inews
Aa Read Next : Sah! United E-Motor Resmi Mengaspal di Malaysia

Piala AFF 2020, PREV: Indonesia Vs Malaysia

Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:46 WIB
header img
Pemain Timnas Indonesia. Foto: iNews

JAKARTA, iNews.id - Indonesia hanya butuhkan hasil imbang dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 kontra Malaysia, Minggu (19/12/2021), agar lolos ke babak semifinal setelah bermain imbang 0-0 kontra Vietnam, Rabu (15/12/2021).

Dengan hasil itu, Indonesia saat ini menghuni puncak klasemen sementara dengan poin 7 dari tiga laga yang telah dijalani, sama dengan Vietnam, namun Indonesia menang agregat dengan selisih hanya 1 poin karena Indonesia mencetak 9 gol, namun kebobolan 3 gol, sementara Vietnam mencetak 5 gol dan tanpa kebobolan.

Malaysia berada di peringkat tiga dengan 6 poin dari dua kali menang kontra Laos dan Kamboja, namun kalah dari Vietnam.

Jika Indonesia dan Malaysia bermain imbang, Indonesia akan mengoleksi 8 poin dan akan menemani Vietnam melenggang ke semifinal, karena di atas kertas, Vietnam diprediksi akan mengalahkan Kamboja pada laga pamungkas hari ini, sehingga akan mengoleksi 10 poin, sekaligus mencetak clean sheet karena tak pernah kalah.

Karenanya, Evan Dimas dkk tidak boleh lengah dan harus bermain dengan performa terbaik saat berlaga di National Stadium, Kallang, Singapura, besok, karena partai pamungkas ini menjadi partai hidup mati bagi kedua tim, dan peluang Indonesia ke semifinal akan kandas jika dapat ditundukkan Malaysia. Kecuali jika Kamboja mampu menciptakan keajaiban dengan dapat mengalahkan Vietnam.

Tim INdonesia kemungkinan besar tidak dapat diperkuat Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, karena Elkan baru selesai menjalani karantina pada 18 Desember 2021 gara-gara satu penerbangan dengan penderita Covid-19 saat terbang dari London ke Singapura, sehingga harus dikarantina selama 10 hari. Sedang Egy baru bisa terbang ke Singapura dari Slowakia pada 18 Desember 2021.

Jika Elkan dapat keluar dari karantina sebelum pertandingan Indonesia kontra Malaysia digelar, dia akan menjadi suntikan energi bagi Tim Merah Putih, karena Elkan yang sempat tampil 45 menit di laga kedua Indonesia saat menghadapi Laos, terbukti dapat menjadi solusi bagi lini belakang Timnas yang sudah kebobolan tiga gol.

Tanpa Elkan, pelatih tim nasional Shin Tae-yong bisa kembali memainkan trio bek seperti di laga lawan Vietnam, yaitu Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto, dan Rizky Ridho, disokong dua bek sayap Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Formasi ini kemungkinan akan menjadi andalan seandainya Indonesia ingin lebih bertahan dan menunggu saat melawan Malaysia.

Tentu, bermain terlalu bertahan seperti ketika Indonesia menghadapi Vietnam, bisa menjadi bumerang, sehingga akan lebih baik jika Indonesia tampil lebih agresif seperti ketika menghadapi Laos dan Kamboja.

Shin kemungkinan akan kembali memainkan Evan Dimas sejak menit awal. Di laga kontra Vietnam, Evan baru diturunkan di babak kedua. Di posisi depan, Shin kemungkinan akan kembali memainkan striker tunggal Ezra Walian.

Di posisi penjaga gawang, Shin bisa saja akan kembali memainkan Nadeo Argawinata yang sukses clean sheet saat menghadapi Vietnam.

Di kubu Malaysia, tim asuhan Tan Cheng Hoe itu tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Kapten Mohamad Aidil Zafuan Abd Razak kemungkinan bakal absen karena cedera. Begitupula dengan bek tengah Shahrul Mohd Saad.

Malaysia mendapat angin segar dengan bergabungnya Dion Cools, bek kanan yang bermain di Superliga Denmark untuk FC Midtjylland. Sementara di posisi sayap, Muhammad Akhyar Abdul Rashid diragukan tampil setelah sempat positif Covid-19.

Dalam sebuah pernyataan, Shin mengatakan bahwa ia telah meminta anak-anaknya untuk tetap fokus, meski lawan berada dalam kondisi compang camping.

"Saat ini kondisi pemain sangat baik. Memang laga melawan Vietnam membuat pemain pasti merasa terkuras stamina dan fisik mereka. Saat ini kami langsung fokus menghadapi Malaysia," kata Shin.

Lima pertemuan terakhir Indonesia Vs Malaysia:
- 28/12/2004 Indonesia 1-2 Malaysia (Piala AFF) 
- 03/01/2005 Indonesia 4-1 Malaysia (Piala AFF) 
- 23/08/2006 Malaysia 1-1 Indonesia (Piala Merdeka)
- 06/06/2008 Indonesia 1-1 Malaysia (Uji coba) 
- 01/12/2010 Indonesia 5-1 Malaysia (Piala AFF)

Perkiraan lines up:

Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Evan Dimas; Dedik Setiawan.

Malaysia (4-1-4-1): Khairul Fahmi (GK); Syahmi Safari, Dominic Tan, Dion Cools, Rizal Ghazali; Baddrol Bakhtiar; Arif Aiman, Faisal Halim, Mukhairi Ajmal, Safawi Rasid; Guilherme de Paula.
 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut