get app
inews
Aa Read Next : Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia Ajak Semua Elemen Bersatu 

Leg II Final Piala AFF 2020, PREVIEW: Indonesia Vs Thailand

Sabtu, 01 Januari 2022 | 10:55 WIB
header img
Dedik Setiawan saat berduel dengan bek Thailand, Kritsada Kaman. Foto: PSSI

SINGAPURA, iNews.id - Timnas Indonesia akan menjalani momen yang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata, Sabtu (1/1/2021) pukul 19:30 WIB, saat kembali menghadapi Thailand di leg kedua final Piala AFF 2020.

Pada leg pertama yang dihelat 29 Desember 2021, Skuat Garuda dibantai 0-4 tanpa balas. Gol pertama Thailand oleh Chanathip Songkrasin bahkan tercatat sebagai gol tercepat dalam perhelatan Piala AFF 2020 yang melibatkan negara-negara di Asia Tenggara, yakni pada menit ke-2.

Setelah itu, upaya Skuat Garuda untuk menyamakan kedudukan bagai panggang jauh dari api, karena skuat The Elephant War yang diperkuat tiga pemain internasionalnya, termasuk Chanathip yang dijuluki Messi-nya Thailand, justru membuat Skuat Garuda pontang-panting dan dibobol lagi tiga kali, satu di antaranya kembali oleh Chanatip.

Kalah 0-4 pada leg pertama membuat jalan Indonesia untuk menggapai juara AFF Suzuki Cup 2020 ibarat menanjak jalan yang terjal dan mencuat ke langit, karena untuk mencapai puncak prestasi itu, Indonesia harus dapat mengalahkan Thailand minimal 0-5 di Singapore National Stadium nanti malam.

Mungkinkah itu? 

Pelatih Skuat Garuda Shin Tae-yong sendiri mencoba bersikap realistis, dan tetap menjaga motivasi para pemainnya agar bisa meriah kemenangan. 

“Leg pertama benar-benar sulit bagi kami. Performa Thailand sangat baik. Pemain kami benar-benar muda dan kurang pengalaman. Saya berusaha membuat suasana yang baik. Saya tidak akan menjamin Indonesia bisa menang besar, tetapi kami akan berusaha keras mendapatkan hasil terbaik,” kata dia saat jumpa pers.

Pada laga nanti malam, pelatih asal Korea Selatan itu akan menurun bek andalan Pratama Arhan yang absen di leg pertama akibat akumulasi kartu kuning. Bek PSIS Semarang itu diharapkan dapat meningkatkan daya gedor Timnas Indonesia dari sisi kiri yang tak terlihat sepanjang laga di leg pertama. Sementara pada posisi penjaga gawang, Shin kemungkinan menurunkan Muhammad Riyandi, bukan Nadeo, sebagaimana di leg pertama. 

Riyandi merupakan salah satu pemain yang sama sekali belum mendapat menit bermain di ajang Piala AFF 2020.

Karena malam nanti merupakan laga pamungkas yang amanat menentukan, Shin diperkirakan akan menurunkan kekuatan penuh, terutama di lini depan yang menjadi ujung tombak serangan, sehingga bisa jadi laga nanti malam akan sangat seru mengingat mau tak mau, suka tak suka, Shin harus mengarahkan para pemainnya untuk tampil menyerang seraya mewaspadai pergerakan permain-pemain berbahaya Thailand.

Egy Vikri Maulana, Evanm Dimas, Witan Sulaeman, Elkan Baggot, Ricky Kambuaya diperkirakan akan turun sejak kick off.

Lalu bagaimana dengan Thailand? Posisi di atas angin akan membuat pasukan Alexabnre Polking itu akan bermain aman untuk menjaga peluang juara yang sudah di tangan seperti ketika menang 2-0 atas Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF, dan seri 0-0 di leg kedua.

Namun, jika Indonesia rajin menyerang, skuat Elephant War dapat menciptakan serangan balik yang mungkin saja akan membuat Indonesia kebobolan.

Karenanya, penting bagi para penggawa dalam skuat Garuda untuk bermain lebih apik dan lebih cantik di leg kedua, dan meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri, karena Thailand diperkirakan akan kembali diperkuat bek sayap kiri andalannya, Theerathon Bunmathan, yang pada leg pertama absen karena akumulasi kartu kuning seperti yang dialami Arhan.

Elias Dolah diperkirakan harus menepi akibat cedera, dan digantikan Narubadin Weerawatnodom.

Sektor tengah Thailand juga kemungkinan akan diubah Polking dengan Thitiphan Puangchan kembali menghiasi starting eleven, sementara lini depan mengandalkan Teerasil Dangda dengan dukungan Thanawat Suengchitthawon, Chanathip Songkrasin, dan Weerathep Pomphan.

Head to head:
- 29/12/2021, Indonesia 0-4 Thailand (Final Piala AFF) 
- 03/06/2021, Thailand 2-2 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2022)
- 10/09/2019, Indonesia 0-3 Thailand (Kualifikasi Piala Dunia 2022)
- 17/11/2018, Thailand 4-2 Indonesia (Piala AFF) 
- 17/12/2016, Thailand 2-0 Indonesia (Piala AFF) 

Pekiraan line up:
- Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi (GK); Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Ricky Kambuaya, Evan Dimas; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek 
- Thailand (4-3-3): Siwarak Tedsungnoen (GK); Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Theratoon Bunmathan; Sarach Yooyen, Phiwat Sookjitthammakul, Thitipan Puangjan; Supachok Sarachat, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin 


 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut