get app
inews
Aa Read Next : Mohammad Salah Beri Tanggapan Perang Israel-Gaza, Pembantaian Harus Dihentikan

Militer Ukraina Waspadai Potensi Serangan Rudal Belarusia, Warga Diminta Bersiap

Jum'at, 13 Januari 2023 | 05:04 WIB
header img
Selain Iskander dan Tochka-Us, Rusia telah meluncurkan X-22 dari pesawat Tu-22M3 dan ONIKS dari wilayah Belarusia. Kedua jenis rudal tersebut sangat sulit dicegat dengan sistem pertahanan udara Ukraina. Foto: Pravda

JAKARTA, iNewsDepok.id - Seorang juru bicara komando angkatan udara Ukraina memperingatkan kemungkinan serangan rudal dari Belarusia, Kamis (12/1/2023) waktu setempat. Pengumuman ini datang setelah Presiden Volodymyr Zelensky menghimbau agar Ukraina bersiap-siap di perbatasannya dengan Belarusia. 

Dalam siaran langsung televisi hari ini, Yurii Ihnat menggarisbawahi bahwa serangan rudal baru-baru ini ke Ukraina sebagian besar dilakukan dari Rusia atau dari wilayah pendudukan. 

"Wilayah Belarusia terus-menerus digunakan oleh pasukan Rusia untuk melakukan manuver tertentu di sana, untuk menempatkan kelompok penerbangan Angkatan Udara Rusia di sana, pesawat tujuan khusus yang memberikan dukungan radar, dll. Oleh karena itu, ancaman selalu ada," katanya. 

Ihnat lalu mengingatkan bahwa sebagian besar rudal balistik, terutama Iskander dan Tochka-Us, diluncurkan dari wilayah Belarusia pada awal perang skala penuh. Kompleks operasional dan taktis Rusia serta rudal S-300 dan S-400 saat ini tetap berada di Belarusia, dilansir dari Ukrinform. 

Potensi ancaman ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Rusia akan membangun pasukan di wilayah Belarusia sebelum menyerang di barat laut atau bahkan mencoba untuk bergerak menuju Kiev

Rusia dan Belarusia telah meningkatkan sejumlah latihan militer bersama di wilayah Belarusia. Mereka berencana mengadakan latihan penerbangan mulai Senin depan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut