get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Mohammad Salah Beri Tanggapan Perang Israel-Gaza, Pembantaian Harus Dihentikan

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 06:04 WIB
header img
Kapten tim sepak bola nasional Mesir Mohammad Salah dikritik karena tidak bersuara membela Palestina. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Pesepakbola asal Mesir dan Liverpool Mohamed Salah menyebut adanya “pembantaian” di Gaza, dengan mengatakan bantuan kemanusiaan harus segera diizinkan masuk ke wilayah Palestina yang terkepung.

Penyerang berusia 31 tahun itu melontarkan komentar pertamanya mengenai konflik Israel-Gaza yang semakin mendalam pada hari Rabu di tengah meningkatnya kemarahan atas kematian hampir 500 orang dalam ledakan di Rumah Sakit Arab Al-Ahli di Kota Gaza.

Pihak berwenang Palestina mengatakan ledakan itu disebabkan oleh serangan udara Israel. Israel mengatakan ledakan itu akibat roket yang diluncurkan kelompok bersenjata Jihad Islam Palestina (PIJ) yang salah sasaran. PIJ menolak tuduhan tersebut.

“Tidak selalu mudah untuk berbicara di saat seperti ini. Terlalu banyak kekerasan dan terlalu banyak patah hati dan kebrutalan,” kata Salah dalam video yang diunggah ke 62,7 juta pengikutnya di Instagram.

Pesepakbola, yang menjadi kapten tim nasional Mesir, telah dikritik karena tidak berbicara membela warga Palestina, dan beberapa kritikus telah memulai kampanye online untuk berhenti mengikutinya di media sosial.

“Eskalasi yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir sungguh tak tertahankan untuk disaksikan. Semua kehidupan adalah suci dan harus dilindungi. Pembantaian harus dihentikan, keluarga-keluarga terpecah belah,” tambah Salah, stiker dari Liverpool, Kamis (19/10/2023).

Pemenang Liga Champions dan Liga Premier bersama Liverpool, Salah adalah salah satu atlet paling populer di dunia Arab.

Gaza telah dikepung sejak 7 Oktober ketika pejuang Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel yang menewaskan sekitar 1.400 orang dan menawan lainnya. Israel menyatakan perang sebagai tanggapannya, dan menjadikan wilayah berpenduduk 2,3 juta orang itu menjadi sasaran pemboman tanpa henti. Sekitar 3.480 warga Palestina dipastikan tewas dalam serangan tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut