get app
inews
Aa Read Next : Strategi Pintar Atasi Stres dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Coping Mechanism

Jangan Biarkan Stres Melanda Bisa Sebabkan Risiko Penyakit Jantung, Berikut Cara Kelolanya

Senin, 02 Januari 2023 | 09:08 WIB
header img
Jangan biarkan stres melanda bisa sebabkan risiko penyakit jantung, berikut cara kelola stres. Foto: Freepik/cookie_studio

DEPOK, iNewsDepok.id - Seseorang yang sedang dilanda stres memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan. Stres menyebabkan seseorang mudah lelah, sulit berkonsentrasi, suasana hati buruk dan gangguan kesehatan lainnya.

Jika stres tidak dikelola dengan baik maka stres bisa meningkatkan risiko penyakit serius seperti jantung koroner, terutama serangan jantung atau gagal jantung.  Mengapa demikian?

Halt tersebut terkait erat dengan perubahan dan kondisi tubuh yang terjadi saat seseorang mengalami stres. Stres menyebabkan terjadinya perubahan yang bisa memicu gangguan pada kesehatan, salah satunya berujung pada penyakit jantung koroner.

Saat tubuh merasa tertekan akibat stres, tekanan darah pun secara alami akan meningkat, sehingga bisa mengganggu tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung menyerang.

Saat tekanan darah terlalu tinggi, aliran darah menjadi tidak lancar. Lalu, akan menimbulkan gangguan pada kerja organ jantung. Tekanan darah tinggi disebut menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur stres dengan baik dan menanganinya agar tekanan darah tetap normal.

Sebenarnya, stres merupakan respons tubuh dan normal terjadi pada siapa saja. Namun hati-hati, stres yang berkepanjangan dan terlalu berat juga bisa memicu dampak yang tidak baik pada tubuh.

Mengelola stres dengan baik memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari mengelola stres dengan baik untuk kesehatan:

- Menurunkan kecemasan.

- Membantu menghindari risiko penyakit.

- Mencegah penuaan dini.

- Meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan virus flu.

Di samping itu, mengelola stres juga membuat suasana hati menjadi lebih baik, sehingga seseorang bisa lebih produktif serta kreatif dalam melakukan pekerjaan di tahun yang baru.

Lantas bagaimana cara mengelola stres dengan baik? Simak penjelasan berikut ini mengenai cara mengelola stres dengan baik, seperti dilansir dari Web MD pada Senin (2/1/2023):

  1. Mengetahui batasan tubuh dalam menerima tekanan.
  1. Saat stres melanda, cobalah untuk melampiaskannya dengan melakukan hobi atau hal positif lain, misalnya bercerita, berolahraga, atau melakukan hobi.
  1. Perubahan gaya hidup juga bisa diterapkan untuk membantu mengelola stres. Mulailah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan cukup beristirahat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut