get app
inews
Aa Read Next : Pertacami Resmi Menjadi Anggota KOI: Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

Tak Hanya Bikin Tubuh Sehat, Olahraga Bisa Atasi Gangguan Tidur dan Mudah Marah

Jum'at, 09 September 2022 | 14:34 WIB
header img
Yoga, salah satu olahraga yang bisa membantu mengatasi stres, seperti gangguan tidur dan mudah marah. Foto: Freepik/partystock

JAKARTA, iNewsDepok.id - Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi ternyata olahraga juga bagus untuk kesehatan jiwa seperti mengatasi stres. Benarkah demikian?

“Benar. Selama tujuan olahraga tersebut jelas dan diperuntukkan bagi kesehatan tubuh, baik fisik, mental dan sosial secara menyeluruh,” ucap dr. Michael Triangto, Sp.KO, dokter spesialis olahraga Slim + Health.

Secara umum, manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh, seperti jantung, tulang-otot-sendi, keseimbangan hormonal, metabolisme, koordinasi gerak, keseimngan dan ketrampilan gerak, serta kesehatan jiwa.

dr. Michael menjelaskan gangguan pada sektor kejiwaan seperti stres bisa menimbulkan gangguan tidur, irritable atau mudah marah, manifestasinya adalah jantung berdebar-debar, nafas cepat, dan tekanan darah meningkat.

“Semua ini akibat meningkatnya aktivitas hormon kortisol dan adrenalin, yang membuat kita terjaga dan mencetuskan proses inflamasi sistemik,” jelas dr. Michael dalam keterangan tertulisnya di Hari Olahraga Nasional pada Jumat (9/9/2022).

Hal tersebut, lanjut dr. Michael, merupakan awal kemunculan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes melitus, atherosclerosis, dan lain-lain.

“Selain itu keluhan seperti sakit pada tengkuk, nyeri pada otot, bahkan gangguan mood yang pada akhirnya mengganggu konsentrasi dan produktivitas kerja,” tambah dokter yang juga merupakan Sport Therapy RS Mitra Keluarga Kemayoran.

Olahraga dengan dosis yang tepat dapat mengatasi stres dengan menekan kerja hormon kortisol dan adrenalin.

“Pada saat yang sama olahraga dapat merangsang produksi hormon endorphin yang merupakan natural pain killer dan membuat seseorang yang biasa berolahraga ingin terus berolahraga,” ucap dr. Michael.

Olahraga yang dilakukan untuk mengatasi gangguan mental tidak harus berat, misalnya yoga, tai chi, meditasi. Dengan pengaturan nafas mampu memperbaiki denyut jantung dan menurunkan tekanan darah secara cepat.

“Olahraga juga akan mentriger rasa lelah dan membantu mengatasi gangguan tidur,” jelas dr. Michael.

Manfaat lain dari olahraga adalah meningkatnya rasa percaya diri karena memang lebih mampu ataupun karena hasil yang sudah diperoleh dari berolahraga juga akan memperbaiki mood yang bersangkutan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut