Logo Network
Network

Catat! Smartphone Ini Hanya Bisa Gunakan WhatsApp hingga Akhir Desember 2022, Berikut Daftarnya

Wahyu Budi
.
Jum'at, 30 Desember 2022 | 07:47 WIB
Catat! Smartphone Ini Hanya Bisa Gunakan WhatsApp hingga Akhir Desember 2022, Berikut Daftarnya
Beberapa smartphone tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp pada 2023, berikut daftarnya. Foto ilustrasi: Pixabay/Heiko

DEPOK, iNewsDepok.id - Beberapa smartphone tidak bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp di tahun 2023. Pengguna smartphone ini terakhir menggunakan layanan WhatsApp hingga akhir Desember 2022.

WhatsApp sendiri telah mengumumkan akan mencabut layanannya pada sejumlah tipe smartphone lawan. Keputusan ini mulai berlaku tahun 2023.

Bagi sebuah pembuat aplikasi penghentian pembaruan ini lazim dilakukan. Umumnya, mereka tidak lagi memberikan pembaruan untuk sistem operasi ponsel lama yang sudah jarang digunakan konsumen.

"Pembaruan pada aplikasi perlu dilakukan untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan keamanan," ungkap Meta seperti dilansir dari The Verge, pada Jumat (30/1/2022).

Selanjutnya, melalui laman FAQ-nya WhatsApp mensyaratkan spesifikasi minimal sistem operasi supaya ponsel dapat menjalankan WhatsApp.

Pertama, setidaknya ponsel harus memiliki sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan iOS 12.

Kedua, ponsel juga harus bisa menerima SMS atau panggilan lantaran WhatsApp punya mekanisme mengirimkan kode verifikasi melalui salah satu dari dua cara itu.

Akibat penghentian pembaruan ini puluhan smartphone sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berkirim pesan melalui WhatsApp per 31 Desember 2022.

Ponsel-ponsel pintar jadul itu keluaran sekitar 10 tahun lalu. Tentunya sudah cukup tua untuk usia ponsel pintar yang terus-menerus mengalami perkembangan pesat.

Lantas smartphone apa saja yang tidak bisa menggunakan layanan WhatsApp di tahun 2023?

Berikut daftar smartphone yang tidak bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp tahun 2023, seperti dirangkum pada Jumat (30/12/2022):

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.