get app
inews
Aa Read Next : Bangkrut, PO Kencana Berhenti Beroperasi Sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Pertempuran di Kota Bakhmut Seru, Kekuatan Pasukan Rusia dan Ukraina Seimbang

Kamis, 29 Desember 2022 | 14:54 WIB
header img
Pertempuran Bakhmut diperkirakan akan terhenti (stalemate) karena baik pasukan Rusia maupun Ukraina memiliki kekuatan yang seimbang. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsDepok.id - Analis yang dibuat oleh pusat riset Institute for the Study of War yang berbasis di AS menyebut bahwa pasukan Rusia telah mencapai puncaknya (kulminasi) dalam pertempuran di kota Bakhmut dan tak dapat bergerak lebih jauh lagi. 

"Jika pasukan Rusia di Bakhmut benar-benar mencapai puncaknya, mereka tetap dapat terus menyerang secara agresif ... meskipun serangan ini kemungkinan besar tidak akan menghasilkan keuntungan yang signifikan secara operasional," tulis pusat riset tersebut dalam sebuah unggahan di situs resminya, Rabu (27/12/2022). 

ISW mencatat sejumlah indikator yang mendukung penilaian tentang pasukan Rusia di sekitar Bakhmut. Salah satu indikator menyebut pasukan Rusia beroperasi dalam kelompok penyerang seukuran regu beranggotakan 5-10 orang karena kalah dalam pertempuran.

Hal ini menunjukkan bahwa pasukan Rusia di daerah Bakhmut tidak lagi beroperasi sebagai kelompok taktis kompi dan batalion.

Indikator lain menunjukkan bahwa pasukan Grup Wagner yang memainkan peran utama di sekitar Bakhmut telah merosot sehingga harus dibantu oleh elemen Rusia yang lebih konvensional.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut