get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Sebagian Wilayah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat hingga 10 Maret

BNPB Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa, Bali, NTB dan Sulsel

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:18 WIB
header img
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam diskusi wawancara. Foto: iNews Depok/BNPB TV

"Tidak terkecuali meskipun hujan sedang hingga lebat di Aceh, Lampung, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Maluku, Papua. Aceh masih ada daerah yang belum kering, sehingga dikhawatirkan kemudian daerah-daerah yang baru saja terkena banjir juga kembali basah," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, BNPB meminta kesiapsiagaan masyarakat, dan juga peran dari pemerintah daerah aparat TNI-Polri dan BPBD juga harus dipersiapkan, terutama komunitas.

Selain itu, kesiapsiagaan bencana cuaca ekstrem di tingkat masyarakat dengan mengaktifkan siskamling di tingkat RT dan RW.

"BMKG sudah menyampaikan di beberapa provinsi tadi cuaca ekstrem akan menurun sampai ke tahun baru setiap malam pergantian. Dan harus melihat benda-benda kalau cuaca hujan deras sudah terjadi lebih dari dua jam, maka segera evakuasi secara mandiri dan masyarakat pun harus mau evakuasi secara mandiri," kata Abdul.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut