Logo Network
Network

Tak Perlu Mahal! Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Cara Alami Ini

Asthesia Dhea Cantika
.
Sabtu, 24 Desember 2022 | 14:34 WIB
Tak Perlu Mahal! Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Cara Alami Ini
Menurunan tekanan darah tinggi dengan 5 cara alami. Foto ilustrasi: Freepik/senivpetro

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada lima cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara alami ini tergolong murah meriah, tidak pakai mahal!

Darah tinggi atau hipertensi ditandai dengan tekanan darah yang meningkat hingga lebih dari 130/80 mmHg. Ada beberapa penyebab seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi ini.

Penyebabnya antara lain usia lanjut, faktor keturunan atau memiliki keluarga kandung dengan riwayat tekanan darah tinggi, jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas), serta sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk banyak mengonsumsi garam.

Di samping itu, penyebab lain seseorang terkena darah tinggi adalah menderita penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, gangguan tiroid, dan apnea tidur.

Lantas bagaimana menurunkan tekanan darah tinggi secara alami? Salah satunya,  mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat mempengaruhi menurunkan tekanan darah.

Berikut 5 cara alami menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dirangkum pada Sabtu (24/12/2022):

  1. Menjalani pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayur-sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak, serta mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, juga dianjurkan konsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kentang, jeruk, wortel, anggur, dan bayam.

Kalium merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Rekomendasi asupan kalium yang perlu dicukupi adalah sekitar 4.500 hingga 4.700 mg per hari.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.