Logo Network
Network

Inilah 6 Sayuran yang Bagus Dikonsumsi Setiap Hari oleh Penderita Hipertensi

Kiki Oktaliani
.
Selasa, 29 November 2022 | 15:05 WIB
Inilah 6 Sayuran yang Bagus Dikonsumsi Setiap Hari oleh Penderita Hipertensi
Sedikitnya ada enam sayuran yang bagus dikonsumsi setiap hari oleh penderita hipertensi. Foto ilustrasi: Pixabay/Elisa

DEPOK, iNewsDepok.id - Sedikitnya ada 6 sayuran yang bagus dikonsumsi setiap hari oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sayuran ini dapat membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh.

Sebagaimana diketahui, hipertensi merupakan silent killer, karena gangguan kesehatan ini bisa membahayakan nyawa manusia tanpa menunjukkan gejala terlebih dulu.

Hipertensi adalah suatu kondisi tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Seseorang disebut menderita hipertensi bila tekanan darah di atas 140/90 dan dianggap parah bila tekanan darah di atas 180/120.

Seiring waktu, hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masalah kesehatan lain.

Untuk mengatasinya, penderita hipertensi dapat melakukan upaya dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran setiap hari.

Berikut 6 sayuran yang bagus dikonsumsi setiap hari oleh penderita hipertensi, seperti dirangkum pada Selasa (29/11/2022):

  1. Brokoli

Brokoli dikenal memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk sistem peredaran darah , Menambahkan brokoli ke dalam makanan merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli kaya akan kandungan antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

  1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran tinggi nitrat serta sarat antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. Sayur bayam menjadi pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian terhadap 27 orang menunjukkan mereka yang mengonsumsi 500 ml  sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan sistolik (SBP) dan tekanan diastolik (DBP) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus rendah nitrat.

Di samping itu, sup bayam juga mengurangi kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Tomat

Tomat dan produk apa pun dari tomat kaya akan nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen. Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi ini, seperti produk tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko tekanan darah tinggi.

  1. Bit dan Jus Bit

Bit adalah jenis buah/sayur tinggi nitrat yang bisa membantu mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan bit dan produk bit ke dalam diet dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

  1. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meski wortel bisa dinikmati dengan cara dimasak ataupun mentah, memakannya dalam kondisi mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40–59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

  1. Seledri

Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalates, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Studi yang sama yang mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah juga menemukan bahwa di antara sayuran yang dimasak yang biasa dikonsumsi, asupan seledri yang dimasak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.