get app
inews
Aa Read Next : Tahun Baru 2024, PT KAI Kembali Luncurkan KA Datuk Belambangan Setelah Sempat Berhenti Operasi

Ini Rincian Senjata Baru Ukraina dari AS, Ada Rudal Patriot

Kamis, 22 Desember 2022 | 05:59 WIB
header img
Anggota delegasi Ukraina yang menemani Presiden Zelensky mengenakan sweter hijau zaitun dan celana kargo. Mereka memasuki Ruang Timur dengan warna-warna lembut, sangat kontras dengan rekan-rekan mereka di Washington. Foto: President of Ukraine

JAKARTA, iNewsDepok.id Pentagon menerbitkan isi paket senjata baru senilai $1,85 miliar untuk Ukraina.

Sebuah jet militer AS menjemput Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Polandia dan membawanya ke pangkalan udara dekat Washington DC pada Rabu (21/12/2022) sore waktu setempat.

Mengutip dari Russia Today, Zelensky diketahui naik kereta api ke Przemysl, di mana sebuah pesawat resmi AS telah menunggu. Dia lalu mendarat di Joint Base Andrews – rumah Air Force One – tak lama setelah tengah hari pada hari Rabu. Presiden Joe Biden diharapkan menjadi tuan rumah Zelensky di Gedung Putih.

Pentagon lalu menerbitkan isi paket senjata baru senilai $1,85 miliar yang dijanjikan ke Kiev, mencakup rudal pertahanan udara Patriot yang terdiri dari lima hingga delapan peluncur, amunisi, tiga puluh mortir, 37 kendaraan lapis baja ringan, enam truk lapis baja, 120 humvee, ranjau darat, peralatan penglihatan malam, dan pelindung tubuh.

Kongres diperkirakan akan menyetujui tambahan bantuan senilai $45 miliar untuk tahun 2023.

Tambahan tersebut telah dialokasikan dalam RUU pengeluaran omnibus $1,7 triliun, yang seharusnya disahkan Kongres pada Kamis. Ketua DPR Nancy Pelosi meminta semua anggota hadir secara langsung untuk mendengarkan pidato bersejarah Zelensky.

Sebelum tiba di Washington, Zelensky sempat menyampaikan bahwa Ukraina membutuhkan lebih lebih banyak bantuan persenjataan.

“Kami berterima kasih atas dukungan mereka, tetapi itu tidak cukup,” katanya dalam sebuah video yang dirilis oleh kantornya pada Selasa (20/12/2022), sambil memegang bendera Ukraina yang ditandatangani oleh pasukan dari garis depan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut