get app
inews
Aa Read Next : Lebakjero, Stasiun Tertinggi Aktif Kedua di Indonesia Dengan Keindahannya Yang Diapit 2 Gunung

Kompetisi Mural dan Grafiti di Kawasan Depo KRL Depok

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 15:41 WIB
header img
PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, menggelar kompetisi mural dan grafiti di kawasan Depo KRL Depok, Jawa Barat pada Kamis, 30 Agustus 2024. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter, menggelar kompetisi mural dan grafiti di kawasan Depo KRL Depok, Jawa Barat pada Kamis, 30 Agustus 2024. 

Ajang bergengsi yang diikuti ratusan seniman mural dan grafiti dari berbagai daerah itu merupakan bagian dari perayaan HUT ke-16 tahun KCI. 

External Relations and Corporate Image Care Manager KAI Commuter, Leza Arlan menjelaskan, ada beberapa rangkaian dalam rangka memperingati hari jadi KCI. Salah satunya adalah kompetisi mural. 

"Jadi kita memfasilitasi teman-teman para seniman mural sama grafiti untuk membuat karya terbaiknya di sini (Depo KRL Depok)," katanya dikutip pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Kompetisi mural dan grafiti tersebut terinspirasi dari viralnya aksi vandalisme di kereta ataupun KRL. 

Hal itu menjadi perhatian serius KAI karena dinilai menyalahi aturan dan merusak kenyaman, atau pun keindahan fasilitas umum. 

"Jadi ini kita coba fasilitasi dengan rangkaian HUT KCI. Kita bekerjasama dengan berbagai komunitas seniman mural dan grafiti," jelasnya.

Adapun jumlah pesertanya, lanjut Leza, ada sekira 200 seniman. 

"Kita pilih 10 peserta yang hari ini membuat seni mural sama grafiti di Depo Depok. Nanti dari 10 peserta ini ada 3 yang akan membuat desain di gerbong kereta," tuturnya.

Intinya, kata Leza, ini adalah bagian dari upaya KAI maupun KCI untuk mengedukasi aksi corat coret fasilitas umum (vandalisme). 

"Ya salah satunya dengan memfasilitasi seniman-seniman mural bahwa ini ada satu wadah yang bisa kita kerjasama, kolaborasi bareng," tuturnya. 

Leza mengingatkan, menjaga fasilitas umum harus, dan tidak dengan mencoret-coret, utamanya KRL maupun kereta. 

Adapun hadiah yang bakal diperoleh pemenang nilainya mencapai jutaan Rupiah. "Nah ini pesertanya enggak cuma dari Jabodetabek, tapi ada dari Jogja dan Batam," katanya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut