get app
inews
Aa Read Next : John Madden Terpilih Jadi Cover Video Game Madden NFL 23

Presiden Kroasia Tolak Gagasan Ukraina Jadi Anggota Uni Eropa

Rabu, 21 Desember 2022 | 09:21 WIB
header img
Presiden Republik Kroasia Zoran Milanovic menghadiri upacara peringatan hari jadi Akademi Militer Kroasia Tudjman di Zagreb. Ia didampingi oleh Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Kroasia Laksamana Robert Hranj. Foto: predsjednik

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Kroasia Zoran Milanovic mengecam gagasan pemberian status keanggotaan Uni Eropa kepada Ukraina saat menghadiri upacara peringatan Akademi Militer Kroasia Tudjman di Zagreb, Selasa (20/12/2022) waktu setempat.

"Ukraina bukan sekutu, tetapi mereka (Uni Eropa) berusaha membuatnya menjadi sekutu mereka. Hal itu disajikan secara menggelikan dengan status calon anggota UE, aksi yang mengerikan," ujarnya.

Milanovic yakin bahwa konflik di Ukraina tak terhindarkan. Ia lalu menuding AS menyerang negara yang jauh lebih lemah dan mengklaim bahwa Rusia dan AS terlibat dalam konflik ini dengan sengaja.

"Ini adalah perang Amerika, berjuang di belakang Ukraina, tetapi dengan uang Amerika," tegasnya, dikutip dari kantor berita TASS.

Milanovic juga menyatakan bahwa republik Kroasia dipaksa memberikan semua senjatanya ke Ukraina.

“Dan siapa yang akan membela kita? Orang Amerika? Seperti bagaimana mereka mempertahankan Ukraina? Saya prihatin dengan kesiapan tempur infanteri jika terjadi krisis, karena infanteri adalah segalanya."

Pada Jumat (16/12/2022) lalu, Milanovic menentang proposal Uni Eropa tentang pelatihan prajurit Ukraina di wilayah Kroasia. Ia menilai proposal tersebut akan melanggar konstitusi karena gagal menjelaskan dasar untuk menyatakan Ukraina sebagai sekutu Uni Eropa dan NATO.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut