get app
inews
Aa
Read Next : Kepala BNPT Bekali Siswa SMAN di Jakarta Karakter Keberagaman

Rawat Kebhinekaan Bangsa, BNPT RI Resmikan Warung NKRI ke-19 di Lawang Jawa Timur

Senin, 19 Desember 2022 | 05:10 WIB
header img
Peresmian Warung NKRI ke-19 di Lawang, Jawa Timur kerja sama antara BNPT dan PT Graha Agung Perkasa. Foto: doc BNPT

MALANG, iNewsDepok.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) ke-19 di  Dapoer Lawang, Malang, Jawa Timur.

Warung NKRI yang didirikan BNPT RI bekerja sama dengan PT Graha Agung Perkasa berlangsung Minggu (18/12/2022). Acara peresmian bertema "Merawat Kebhinekaan Bersinergi Membangun Negeri".

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Jawa Timur, Eddy Supriyanto; Rektor Universitas Islan Malang, Prof Dr H Masykuri Bakri, Msi; Direktur PT Graha Agung Perkasa, H Nurhadi, SE; Ketua Umum PW GP Ansor Jawa Timur, Gus Syafiq Syauqi; Perwakilan Forkopimda Malang, dan tokoh-tokoh masyarakat setempat serta perwakilan dari mitra deradikalisasi serta penyintas Kabupaten Malang.

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH menjelaskan kehadiran Warung NKRI ke-19 ini merupakan bagian dalam upaya merawat kebhinekaan bangsa.

Boy menegaskan kebhinekaan adalah kunci damainya Indonesia. Ini karena bangsa Indonesia terdiri dari 270 juta lebih penduduk, 1300 suku, 6 agama yang disahkan oleh negara, dan aliran kepercayaan.

”Merawat kebhinekaan ini bagian dari tugas kita semua. Dengan kebhinekaan maka akan muncul kesatuan dan ketahanan bangsa yang baik," ungkap Kepala BNPT RI dalam sambutannya.

Perwira tinggi polisi bintang tiga ini menandaskan agar kebhinekaan terawat maka pencegahan penyebaran paham intoleran dan radikal harus dilakukan. Paham intoleran dan radikal ini memusuhi paham Pancasila yang mengakomodir perbedaan.

Boy Rafli menambahkan kesadaran kolektif dalam membangun rasa kebhinakaan penting dalam menjaga ideologi Pancasila agar tidak mudah dibajak oleh paham-paham yang menyimpang. Ketika semua pihak sadar akan kewajiban menjaga semangat dan nilai kebhinekaan, maka ideologi lain yang merongrong persatuan dan kesatuan bangsa akan sirna dengan sendirinya.

"Kami mengajak seluruh elemen bangsa, tokoh-tokoh masyarakat, dan para generasi muda bangsa, mari kita rawat kebhinekaan agar ideologi-ideologi yang tidak sejalan dengan ideologi bangsa kita, ideologi Pancasila tidak mudah begitu saja membajak bangsa kita," tambah Boy Rafli Amar.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut