get app
inews
Aa Read Next : Gantikan Boy Rafli jadi Kepala BNPT, Rycko Amelza Perkuat Pendekatan Kemanusiaan

Tak Disangka Kopi dan Teh Ampuh Cegah Terorisme, Ini Penjelasan Kepala BNPT

Selasa, 21 Maret 2023 | 17:24 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH mengungkapkan kopi dan teh ampuh untuk mencegah terorisme. Foto: doc BNPT

JAKARTA, iNewsDepok.idKopi dan teh ternyata ampuh untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH menjelaskan hal tersebut di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Namun kopi dan teh yang dimaksud Boy Rafli bukan jenis minuman yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia.

”Teh adalah Toleransi, Empati dan Harmoni, sementara Kopi adalah Kerukunan Obat Persatuan Indonesia,” kata Boy Rafli.

Menurut Boy Rafli sebutan kopi dan teh agar masyarakat cepat menangkap nilai-nilai untuk mencegah radikalisme dan terorisme.

”Dengan sebutan teh dan kopi, siapapun akan cepat paham cara untuk mencegah terorisme,” terang Jenderal Polisi Bintang Tiga tersebut.

Boy Rafli menegaskan radikalisme dan terorisme merupakan ancaman nyata bagi bangsa Indonesia. Ini karena paham radikal tidak menerima perbedaan.

”Padahal bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk. Bangsa Indonesia bisa bersatu karena mengakui adanya perbedaan,” tegas Boy.

Penganut radikal terorisme juga tak segan melakukan teror berdarah dengan melakukan pengeboman seperti beberapa kali terjadi di Indonesia.

”Makanya sangat penting untuk menanggulangi paham radikal terorisme,” papar Boy.

Selain mengancam keamanan dan kedamaian, terorisme juga akan membahayakan kemajuan ekonomi bangsa Indonesia. Terorisme menyebabkan pelaku usaha ragu untuk menanamkan investasi guna memacu pertumbuhan ekonomi.

BNPT sendiri, tutur Boy Rafli, memiliki banyak program pencegahan radikalisme terorisme. Salah satunya Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI).

Warung NKRI ini menjadi wadah bagi dialog-dialog kebangsaan. ”Lewat Warung NKRI ini kita mengedukasi masyarakat agar tercipta Indonesia yang semakin harmoni dan kami yakin pelaku usaha akan lebih nyaman dan pertumbuhan ekonomi kita akan tumbuh sesuai dengan harapan kita bersama," terang Boy Rafli Amar.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut