get app
inews
Aa Read Next : Mengenali Anemia, Penyebab Kekurangan Zat Besi

Inilah 4 Buah Penambah Darah, Harganya Murah dan Mudah Didapat Bisa Cegah Anemia

Minggu, 18 Desember 2022 | 07:20 WIB
header img
Pepaya salah satu buah yang dapat mencegah anemia. Foto: Freepik/Jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Untuk mencegah anemia sebaiknya rutin mengonsumsi makan makanan yang sehat, salah satunya buah-buahan. Empat buah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menambah darah.

Mengutip laman kesehatan Medical News Today, anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin, protein di dalam sel darah merah rendah.

Anemia menjadi salah satu penyakit yang cukup tinggi menyerang remaja. Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018, prevalensi anemia pada remaja sebeasr 32 persen. Artinya, 3-4 dari 10 remaja menderita anemia.

Lantas empat buah apa saja yang dapat mencegah anemia, yang murah dan mudah didapat? Simak penjelasan berikut ini, seperti dirangkum pada Minggu (18/12/2022):

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang cukup mudah ditemui. Buah ini dikenal bisa meningkatkan Vitamin C dalam tubuh. Sekitar 140 gram buah pepaya mengandung 53 mikrogram asam folat, yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 13%.

Sementara itu, 145 gram pepaya menyediakan kandungan Vitamin C sebesar 87 mg atau 97% dari kebutuhan harian. Sehingga bisa memenuhi zat besi dalam tubuh.

  1. Jeruk

Buah jeruk kaya kandungan Vitamin C yang baik untuk kesehatan. Anemia merupakan salah satu kondisi kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi buah jeruk, Vitamin C dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Tubuh pun akan lebih mudah menyerap zat besi.

  1. Pisang

Salah satu buah yang dikenal dengan harga cukup terjangkau ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi.

Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

  1. Melon

Melon adalah buah yang dikenal mengandung 90% air. Buah ini dapat memberi perasaan pemulihan di dalam perut. Melon juga kaya akan Vitamin A, sehingga dapat membantu zat besi untuk meningkatkan hemoglobin di dalam darah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut