get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kepadatan di Pelabuhan Merak, Ditlantas Polda Banten Berlakukan Delay System di Tol Merak

Tim Golok Polda Banten Sambangi Museum Belanda Demi Gali Informasi Sejarah

Minggu, 18 Desember 2022 | 01:24 WIB
header img
Tim Golok Polda Banten, saat mengunjungi Museum Maritim Nasional di Belanda. Foto: iNews Depok/ Humas Polda Banten.

"Selain itu Golok Banten telah menjadi identitas di bendera kapal-kapal yang digunakan Kesultanan Banten dalam membangun hubungan dagang dengan Belanda ketika itu,” jelas Shinto yang ikut dalam kunjungan tersebut.

Selain bendera, tim juga berkesempatan untuk menjelajah koleksi digital dengan kata kunci 'Golok Banten', melalui layanan museum berbasis artificial intelligence, dan menghasilkan informasi tentang Golok Lebak yang sesuai data digital ada di salah satu museum di Leiden, Belanda.

“Fakta juga menyebutkan bahwa Golok Banten, meski disebut dalam koleksi digital sebagai Golok Lebak telah juga dikenal sejak ratusan tahun lalu di Leiden Belanda dan menjadi koleksi di museum,” jelas Shinto antusias.

Setelah diskusi, kunjungan kemudian dilanjutkan dengan melihat koleksi dalam museum dan menyaksikan replika kapal milik Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) yang dipasang sebagai objek utama di museum maritim tersebut. 

Adapun keberangkatan Tim Golok Banten ke Belanda bertujuan untuk menghadiri seminar internasional tentang Pencak Silat dan Golok Banten serta berdiskusi membahas tentang Golok Banten agar bisa diakui UNESCO.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut