Logo Network
Network

Kaesang dan Erina Pakai Kain Motif Semen Garuda saat Akad Nikah, Ini Maknanya!

Muhammad Sukardi
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 21:22 WIB
Kaesang dan Erina Pakai Kain Motif Semen Garuda saat Akad Nikah, Ini Maknanya!
Inilah makna kain motif semen garuda yang dikenakan Erina dan Kaesang saat akad nikah pada Sabtu (10/12/2022). Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsDepok.id - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tampil serasi mengenakan kain motif semen garuda saat akad nikah. Akad nikah keduanya digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022).

Kain motif semen garuda itu memiliki latar putih dengan motif cokelat di atasnya, memiliki makna yang luar biasa. Hal tersebut diungkapkan oleh desainer motif batik dan penggiat batik tulis pewarna alami, Agnes Dwina Herdiasti.  

"Kaesang dan Erina pakai kain motif semen garuda latar putih," ucap Agnes, seperti dikutip dari MNC Portal, pada Sabtu (10/12/2022).

Menurut Agnes, semen berasal dari kata semi, bersemi, persemian. Artinya, memiliki simbol kehidupan yang bersemi dan menghidupi keluarga dan masyarakat.

Sementara garuda memiliki simbol keagungan. Motif garuda yang ada di kain Kaesang dan Erina terdiri dari dua buah sayap dengan badan dan ekor di bagian tengah.

Terdapat unsur triloka di motif semen. Yakni terdapat udara atau langit disimbolkan burung atau sayap burung. Bumi diwakili hewan tanah dan tanaman, dan air atau bawah tanah diwakili hewan air.

"Triloka ini berarti seseorang yang sudah dewasa harus selalu menyembah Tuhan (langit), berguna bagi masyarakat (bumi), dan mengayomi yang di bawah (air)," pungkasnya.  

Sebagai informasi, Kaesang meminang Erina dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat, uang Rp300 ribu dan emas batangan 10, 12, 20, 22 gram.

Kaesang mengucapkan ijab kabul dengan satu kali tarikan napas dan dinyatakan sah oleh para saksi dan tamu undangan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi dari pihak Kaesang. Sedangkan Mensesneg Pratikno menjadi saksi dari pihak Erina.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini