get app
inews
Aa Read Next : PSI Resmi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Paes Ageng dan Alis Tanduk Rusa Bikin Erina Gudono Manglingi Saat Menikah, Ternyata Ini Maknanya

Sabtu, 10 Desember 2022 | 21:11 WIB
header img
Kaesang dan Erina resmi menikah hari ini, Erina tampil manglingi dalam riasan Keraton Yogyakarta, dengan paes ageng dan alis tanduk rusa. Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsDepok.id - Akhirnya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah pada Sabtu (10/12/2022). Dalam momen akad nikah di Yogyakarta ini, Erina menjelma bak putri Keraton Yogyakarta.

Di acara sakral ini, Erina tampil menawan dan anggun dengan penampilan yang membuat pangling. Erina mengenakan riasan Paes Ageng Yogyakarta yang disematkan pada dahinya. Selain itu, alis tanduk rusa membuat Erina tampil manglingi.


Erina Gudono memakai riasan Keraton Yogyakarta, paes ageng dan alis tanduk rusa. Foto: tangkapan layar Instagram @Bennu Sorumba

Menurut budayawan Retno Widyanti, alis tanduk rusa yang menghiasi wajah Erina menyimbolkan sebagai makhluk yang indah, cerdik, cerdas, dan anggun.

"Sebagai istri, Erina diharapkan bisa seperti rusa yang cerdik dan cerdas, tapi juga cantik dan anggun," kata Retno dalam tayangan Ikatan Cinta Kaesang-Erina di RCTI, Sabtu (10/12/2022).

Mengenai Paes Ageng, Retno mengungkapkan apa yang menghiasi Erina itu sebenarnya 'milik' keraton Yogyakarta. Namun, sekarang rakyat di luar keraton sudah boleh menggunakannya.

"Aturan itu dipakai setelah Sri Hamengkubuwono IX. Jadi, sekarang rakyat di luar keraton sudah bisa pakai juga," ujarnya.  

Riasan Erina saat akad nikah merupakan hasil tangan Make-up Artist Bennu Sorumba. Gaya make up tersebut kata Retno sudah modern, yang terlihat dari hiasan mata yang menggunakan eye shadow. 

"Kalau riasan khas Yogyakarta klasik tidak pakai eye shadow. Makanya, Erina di akad nikah ini make-up-nya bisa dibilang bergaya modern namun tetap ada sentuhan klasik Yogyakarta-nya," jelas Retno.

Dalam akun Instagram pribadinya, Bennu Sorumba mengungkapkan, gaya make-up wajah Erina terinspirasi dari Putri Keraton Yogyakarta.

"The Princess of Yogyakarta," tulis Bennu, seperti dikutip pada Sabtu (10/12/2022).

Pada momen akad nikah Erina Gudono mengenakan kebaya modern berwarna putih rancangan Biyan Official.

Selanjutnya, Erina mengenakan kebaya emas rancangan Asky Febrianti. Kebaya kedua ini terlihat lebih mewah karena efek dari warna dan detail yang ada pada kebaya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut