Logo Network
Network

Inilah 3 Sesar Aktif di Pulau Jawa yang Bisa Memicu Gempa Mematikan

Ajeng Wirachmi
.
Minggu, 04 Desember 2022 | 15:00 WIB
Inilah 3 Sesar Aktif di Pulau Jawa yang Bisa Memicu Gempa Mematikan
Di Pulau Jawa ada 3 sesar aktif yang bisa memicu gempa bumi mematikan. Foto ilustrasi: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Di Pulau Jawa ada 3 sesar aktif yang bisa memicu gempa mematikan, bahkan ada yang memiliki potensi gempa hingga 6 magnitudo. Sesar atau patahan adalah rekahan yang mengalami geseran-geseran yang jelas. Sesar aktif merupakan salah satu pemicu gempa di daratan.

Berdasarkan buku Pengetahuan dan Praktik Lokal untuk Pengurangan Risiko Bencana terbitan Syiah Kuala University Press, pergeseran dapat terjadi beberapa milimeter hingga ratusan meter, sementara panjangnya bisa mencapai ribuat meter.

Berikut 3 sesar aktif di Pulau Jawa yang bisa memicu gempa mematikan, seperti dirangkum pada Minggu (4/12/2022):

  1. Sesar Baribis

Sesar Baribis bisa menjadi pemicu terjadinya gempa bumi di wilayah DKI Jakarta. Bahkan, Jakarta Selatan berpotensi mengalami gempa besar dengan kekuatan di atas Magnitudo 6 akibat patahan sesar Baribis, demikian melansir Okezone.

Sesar Baribis terletak di Kabupaten Purwakarta hingga Kabupaten Majalengka, tepatnya perbukitan Baribis.

Sesar ini adalah sebuah sesar muda dengan pola Jawa yang terbentuk selama periode tektonik Pliosen-Plistosen dan dipercaya masih aktif sampai hari ini.

Hal tersebut diungkap sebuah penelitian yang dimuat dalam Bulletin of Scientific Contribution Geology (2020) bertajuk ‘Analisis Kerentanan Gempa pada Jalur Sesar Baribis Menggunakan Metode Microearthquake’.   

Sementara itu, geometri sesar Baribis masuk dalam jenis Imbricated Trailing Fault. Dari data yang berhasil diolah tim peneliti, diketahui bahwa periode ulang gempa bumi dampak pergeseran sesar Baribis adalah 1,57 tahun dengan kekuatan 4,0-4,4 magnitudo. Kemudian, gempa bumi berkekuatan M 5,0-5,4 berulang selama 31,48 tahun.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.