Logo Network
Network

Rusia Akan Ledakkan Nuklir Jika Ukraina Rebut Kembali Krimea

Benedict J. C. Pietersz
.
Selasa, 29 November 2022 | 12:23 WIB
Rusia Akan Ledakkan Nuklir Jika Ukraina Rebut Kembali Krimea
Krimea sejak 2014 bergabung dengan Rusia. Ukraina merencanakan akan merebut kembali Krimea awal 2023. Foto: NASA Earth Observatory

Pakar militer telah memperingatkan bahwa upaya untuk merebut kembali Krimea atau wilayah republik Donbass, yang baru-baru ini bergabung dengan Rusia setelah mengadakan referendum publik, dapat merugikan Kiev dan mendorong Moskow untuk meningkatkan, bahkan mungkin dengan penggunaan senjata nuklir taktis.

“Ada kemungkinan nyata bahwa segalanya akan berakhir dengan pertumpahan darah. Itu adalah operasi yang tidak dibutuhkan Ukraina,” kata pensiunan kapten angkatan laut Andrey Ryzhenko.

Jenderal Tertinggi AS Mark Milley mengatakan awal bulan ini bahwa kemungkinan kemenangan militer Ukraina termasuk merebut Krimea tidak tinggi dan tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat.

Namun demikian, Kiev bersikeras bertekad untuk merebut semenanjung itu, dengan Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan dia tidak memiliki keinginan untuk mencari penyelesaian damai atas konflik yang sedang berlangsung dengan Moskow tanpa mencabut pendudukan wilayah itu.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Vladimir Gavrilov juga menyarankan awal bulan ini bahwa pasukan Ukraina dapat masuk ke Krimea pada akhir Desember.

Krimea memilih untuk bergabung dengan Rusia pada tahun 2014 setelah kerusuhan kekerasan di Kiev yang menggulingkan Presiden Viktor Yanukovich yang terpilih secara demokratis. Musim gugur ini, dua republik Donbass, serta Wilayah Kherson dan Zaporozhye, juga memilih untuk menjadi bagian dari Rusia dalam referendum yang tidak diakui oleh Kiev atau pendukung Baratnya.

Pada akhir September, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow akan mempertahankan wilayah barunya dengan kekuatan penuh dan segala cara yang kami miliki.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.