get app
inews
Aa Read Next : Imam Ghazali Sebut 4 Tahap Kehidupan Manusia, Tertulis dalam Buku Kimia Kebahagiaan

Istri Menghina dan Mengumpat, Ulama Besar Ini Reaksinya Tak Terduga

Senin, 28 November 2022 | 14:41 WIB
header img
Abu Bakr bin al-Labbad al-Maliki pernah mendapat perlakuan tak pantas dilakukan oleh istrinya sendiri. Lebih parahnya lagi sang istri melakukan hal itu hadapan umum. Foto: Ilustrasi

DEPOK, iNewsDepok.id -  Bagaimana rasanya jika seorang istri menghina dan mengumpat suaminya dengan perkataan kasar di hadapan orang banyak? 

Hal ini juga pernah dirasakan ulama terkemuka, ulama besar Abu Bakr bin al Labbad al-Maliki, seorang ulama besar dalam Mazhab Maliki.

Abu Bakr bin al Labbad al-Maliki pernah mendapat perlakuan tak pantas dilakukan oleh istrinya sendiri. Lebih parahnya lagi sang istri melakukan hal itu hadapan umum.

Mungkin bagi orang lain sudah marah besar,  tapi Abu Bakr bin al Labbad al-Maliki tidak melakukannya. Ulama ini seorang yang dikenal dengan zuhud dan wara’ serta seorang yang mustajab doanya. Beliau adalah guru dari Imam Ibnu Abu Zaid al-Qairawani.

Abu Bakr, sang ulama besar ini memiliki isteri yang lisannya pedas kepada suaminya. Sampai-sampai di hadapan murid-murid suaminya dia umpat suaminya. “Wahai lelaki pezina”, demikian umpatannya yang didengar jelas oleh para murid. Akhirnya setelah para murid mengetahui bahwa umpatan ini hanyalah fitnah semata mereka memberi saran kepada sang guru untuk menceraikan isterinya. Akan tetapi respons beliau dengan saran ini sungguh luar biasa.

“Aku khawatir jika kuceraikan dirinya, dia akan menjadi bencana bagi suami barunya. Semoga Allah selamatkan diriku dari bencana besar karena aku bersabar menghadapi gangguannya. Aku mempertahankannya demi ayahnya. Dahulu berulang kali aku mencoba melamar anak gadis orang namun lamaranku selalu ditolak sampai akhirnya ayah dari isteriku ini menikahkanku dengan puterinya semata-mata karena Allah. Selama pernikahanku dengannya ayah mertua memperlakukanku dengan baik. Akankah kubalas kebaikan ayah mertua dengan menceraikan putrinya? Setiap mukmin itu memiliki ujian. Isteriku adalah ujianku”. al-Madārik wa Taqrīb al-Masālik karya al-Qāḍi al-‘Iyāḍ al-Māliki 5/289.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut