Buru Teroris, Turki Akan Lintasi Perbatasan ke Suriah Bulan Depan

Benedict J. C. Pietersz
.
Kamis, 24 November 2022 | 19:43 WIB
Sebagai buntut ledakan di Istambul beberapa waktu lalu, Turki akan memburu para teroris hingga melintasi Suriah. Foto: Ils

JAKARTA, iNewsDepok.id - Operasi lintas perbatasan baru Turki di Suriah mungkin dimulai setelah Desember, Abdulkadir Selvi, seorang kolumnis untuk surat kabar Hurriyet, mengatakan pada Kamis (24/11/2022).

"Angkatan bersenjata Turki sedang melakukan 'Operasi Claw Lock' di Irak. Diharapkan selesai pada Desember. Setelah itu, hitungan mundur ke operasi darat di Suriah harus dimulai. Kali ini operasi yang jauh lebih besar direncanakan," reporter itu mengungkapkan.

Mengutip dari kantor berita TASS, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Selasa bahwa operasi darat lintas perbatasan di Suriah Utara terhadap Partai Pekerja Kurdistan dan Unit Pertahanan Rakyat, yang berbasis di sana dan diakui sebagai organisasi teroris oleh Ankara, dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Lebih dari 50 pesawat dan 20 drone ikut serta dalam 'Operasi Pedang Cakar' Turki. Kekuatan udara Turki mendapatkan dukungan darat dari artileri. Serangan itu dilakukan terhadap situs-situs di mana Partai Pekerja Kurdistan dan cabang Suriahnya (Unit Pertahanan Rakyat), yang dilarang di Turki, dikatakan berada.

Kementerian Pertahanan Nasional Turki melaporkan bahwa operasi itu berhasil dilakukan di Irak utara di distrik Qandil, Asos dan Hakurk, serta di distrik Kobani, Tal Rifat, Cizire dan Derik di Suriah utara.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini