get app
inews
Aa Read Next : Benny K Harman Minta Moeldoko Minta Maaf kepada AHY

Dibocorkan Moeldoko, Ini Dia Besaran Subsidi Kendaraan Listrik

Minggu, 20 November 2022 | 22:10 WIB
header img
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membocorkan soal kapan dan berapa besar subsidi kendaraan listrik yang akan diberikan pemerintah. (Foto: KSP).

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pemerintah berencana memberikan bantuan Subsidi kepada para masyarakat yang memutuskan untuk mengganti kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan berbahan bakar baterai atau Battery Electric Vehicle (EV). Soal subsidinya staf Kepresidenan Moeldoko memberikan penjelasannya.

Moeldoko mengungkapkan, jika pemerintah saat ini masih menghitung berapa besaran atau nilai subsidi yang akan diberikan. Hitungan tersebut akan berdasarkan kepada daya atau tenaga listrik yang digunakan kendaraan listrik tersebut.

"Rencananya kita akan berikan subsidi, kepada yang mau konversi atau yang mau beli motor (listrik) baru. Besaran lagi dihitung apakah dari CC-nya, kalau ini watt-nya (kilowatt-hour), kita dalami," kata dia usai konvoi motor listrik di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/11/2022). 

Lebih lanjut Moeldoko menjelaskan, selain nilai subsidi, pemerintah juga masih membahas mekanisme pemberian subsidi. Mekanisme tersebut terkait dengan waktu pemberian subsidi kepada masyarakat.

Dia memberi contoh, mungkin saja subsidi bisa diberikan saat masyarakat membeli kendaraan atau setelah Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) diterbitkan. 

"Kedua mekanismenya seperti apa? Seperti misalnya konversi ini kan ada bengkel, ada yang punya motor, dan pemerintah berikan subsidinya gimana? Ini yang mekanisme lagi diatur. Orang beli motor juga gitu, kapan subsidi diberikan, apakah saat keluar BPKB, apakah saat transaksinya? Semua lagi diatur," tutur Moeldoko. 

Direktur Jendral Perhubungan Dadan Kemenhuv Hendro Sugianto mengatakan sebelumnya, jika pemberian subsidi atau insentif masih dalam pembahasan di kelompok kerja pemerintah yang dikepalai oleh Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Menurutnya, pemberian subsidi akan menekan harga kendaraan listrik yang masih sangat tinggi.

"Insentif itukan salah satu upaya mendorong ketersedian kemampuan masyarakat untuk membeli kendaraan listrik dan salah satu upayanya adalah pemberian insentif bagi pembelian mobil dan listrik," ucap dia.

Dia membeberkan, kemungkinan pemberian subsidi diberikan untuk tax impor pembelian komponen kendaraan listrik. Pasalnya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) kendaraan listrik masih rendah, sehingga subsidi pajak diharapkan bisa mendorong harga jual kendaraan listrik menjadi lebih murah.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut