get app
inews
Aa
Read Next : Christa Wongsodikromo: Memburu Jejak Keluarga di Tanah Jawa (3)

Christa Wongsodikromo: Luka Lara Warga Diaspora (2)

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB
header img
Christa Noella Wongsodikromo dan temannya, saat menikmati keindahan Kota Tua Jakarta, Minggu (13/11/2022). Tama/ iNews Depok.

Tahun 1610, pelabuhan Sunda Kelapa dan Jayakarta ditaklukan oleh perusahaan dagang Belanda (Verenigde Oostindische Compagnie) yang dipimpin Jan Pieterzoon Coen. Hingga akhirnya pada tahun 1620, pemerintahan kolonial melalui VOC membangun kota yang baru, tepat di atas reruntuhan Kota Jayakarta.

Pada tahun 1650, pemerintah kolonial tersebut menamainya dengan sebutan Batavia.

 

Mengulir Alur Keluarga Masa Lalu

Dalam perjalanannya di kawasan Kota Tua itu, Christa masih memendam kekecewaan terhadap penjajahan kolonial Belanda, termasuk VOC.

Kekecewaannya bukan tanpa sebab. Karena penjajahan itu yang membuat keluarganya tercerai berai di Suriname, Belanda dan Indonesia.

Di sela perjalanan kami, Christa kembali bercerita tentang riwayat perjalanan kakek buyutnya, hingga harus menetap di Suriname, tanpa bisa pulang ke tanah kelahirannya di Pulau Jawa.


Sembari berlibur di Kota Tua Jakarta, Christa datang ke Indonesia juga untuk mengunjungi sisa keluarganya di Jawa Tengah, Minggu (13/11/2022). Tama/ iNews Depok.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut