get app
inews
Aa Read Next : Rela Dikejar Anjing, Komitmen Pos Indonesia Beri Bansos Door To Door Agar KPM Segera Gunakan Bantuan

Pidato di KTT G20, Presiden Ukraina Zelensky Ingin Perang Segera Berakhir

Rabu, 16 November 2022 | 05:37 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ingin perang segera berakhir di Ukraina. (Foto: Reuters).

NUSA DUA, iNewsDepok.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato secara virtual di acara KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Zelensky mendesak para pemimpin G20 untuk menerima proposal perdamaian yang diajukan Ukraina untuk mengakhiri perang dengan Rusia.

"Saya yakin sekarang adalah waktunya, saat perang menghancurkan oleh Rusia harus dan dapat dihentikan," katanya, dalam salinan pidato seperti dikutip dari Reuters.

Zelensky menegaskan, perang harus diakhiri secara adil serta berdasarkan Piagam PBB serta hukum internasional.

"Silakan pilih cara Anda bagi kepemimpinan dan bersama-sama kita pasti akan menerapkan formula perdamaian," ujar Zelensky, kepada para pemimpin anggota G20.

Zelensky juga menyinggung masalah ancaman bencana nuklir yang dilayangkan oleh Rusia terhadap PLTN Zaporizhzhia. Menurut Zelensky, tak ada satu pihak pun yang boleh memeras dunia dengan bencana radioaktif/nuklir.

"Rusia mengubah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia kami menjadi bom radioaktif yang bisa meledak kapan saja," tuturnya, seraya menegaskan seluruh pasukan Rusia harus ditarik dari PLTN tersebut sesegera mungkin.

Selain ancaman dan permintaan perdamaian, Zelensky juga menyerukan penerapan pembatasan harga bagi energi Rusia serta memperluas inisiatif ekspor biji-bijian. Dia juga menyerukan agar semua tahanan perang Ukraina dibebaskan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut