get app
inews
Aa Read Next : Ini Langkah BNPT RI dan Uni Eropa Tanggulangi Ancaman Terorisme di ASEAN

Ukraina Akan Gelar KTT Perdamaian Pada Februari, Lokasi Masih Dirahasiakan

Rabu, 04 Januari 2023 | 15:56 WIB
header img
António Guterres merespon proposal KTT Perdamaian Ukraina dengan mengatakan PBB hanya bisa menengahi konflik jika semua pihak sepakat. Namun jubir Kremlin menegaskan bahwa Rusia tidak pernah mengikuti syarat yang dibuat orang lain. Foto: unric

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kantor Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan bahwa Ukraina dan Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak di Kiev pada 3 Februari mendatang untuk membahas dukungan keuangan dan militer

Kantor tersebut juga menyebut bahwa Zelensky telah membahas rincian pertemuan tingkat tinggi dengan presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, dalam panggilan telepon pada Senin (2/1/2023). Namun lokasinya tidak akan diberitahukan. 

“Para pihak membahas hasil yang diharapkan dari KTT Ukraina-UE berikutnya yang akan diadakan pada 3 Februari di Kiev dan setuju untuk mengintensifkan pekerjaan persiapan,” katanya, dikutip dari The Guardian

Seorang juru bicara presiden Dewan Eropa, Charles Michel tidak dapat mengkonfirmasi bahwa KTT bersama akan berlangsung di ibukota Ukraina. 

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengumumkan bahwa pemerintahnya menginginkan pertemuan perdamaian dalam waktu dua bulan di PBB dengan menghadirkan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres sebagai mediator.

Dalam pertemuan tersebut, Ukraina akan membahas Formula 10 Poin yang telah disampaikan oleh Zelensky pada KTT G20 di Bali pada November 2022 lalu.

10 Poin tersebut mencakup pemulihan integritas teritorial Ukraina, penarikan pasukan Rusia, pembebasan semua tahanan, pengadilan bagi mereka yang bertanggung jawab atas agresi, dan jaminan keamanan untuk Ukraina.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut