get app
inews
Aa Read Next : Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Presiden Ukraina Akan Pidato di KTT G20, Zelensky: Kami Akan Ambil Sikap!

Senin, 14 November 2022 | 14:44 WIB
header img
Zelensky Akan Berpidato di Acara KTT G20 di Bali. Foto: Kantor Pers Ukraina

MOSKOW, iNewsDepok.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan menyampaikan pidatonya di forum KTT G20, pada Selasa (15/10/2022). Hal ini disampaikannya melalui pesan video yang dikirim pada Minggu malam waktu Ukraina.

"Kami secara aktif mempersiapkan pekan yang penting bagi Ukraina, pekan diplomatik. KTT G20 akan diadakan di Indonesia dan kami akan menyampaikan sikap Pada Selasa. Saya akan berpidato," kata Zelensky, dalam pesan video di Telegram, dikutip dari Sputnik.

Zelensky tidak menjelaskan, akan menyampaikan apa saat berpidato nantinya.

Indonesia selaku pemegang Presidensi G20 2022 mengundang Ukraina untuk hadir sebagai tamu. Bahkan undangan ini disampaikan Langsung oleh Jokowi kepada Zelensky saat dia sedang mengunjungi Kiev. Namun Zelensky berhalangan hadir untuk memenuhi undangan tersebut dan akan menyampaikan pidatonya secara virtual.

Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan hadir maupun menyampaikan pidatonya secara virtual di acara KTT G20. Posisinya akan diwakili Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Lavrov dan rombongan telah tiba di Bali pada Minggu malam. Beberapa saat sebelum kedatangan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia menegaskan agenda G20 tak boleh diperluas membahas masalah perdamaian dan keamanan karena bukan domainnya. Membahas masalah itu sama saja dengan mengabil peran yang dimainkan Dewan Keamanan PBB.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut